Rabu, 15 Juli 2015

JT 150715 : “CSCL” Order Kapal 14.000 TEUs

Ini yang bikin kita terheran-heran. Biasanya, kalo “China Shipping Container Lines” (CSCL) punya hajat dan niat bikin kapal baru, selalu membuat heboh pengamat industri maritim. Pasalnya, kapal yang dipesan pasti selalu lebih besar dan terbesar.

Sekarang beredar kabar, CSCL bermain aman dengan memesan kapal baru dengan kapasitas 14.000 TEUs ? Lho koq bisa ? Lha yang tahu kebutuhannya cuma mereka, ya wajar dunk kalo mereka pesan kapal 14.000 TEUs.

Alasan afiliasi dari “China Shipping Group” (CSG) memilih kapal 14.000 TEUs karena kapal-kapal ini akan dioperasikan di rute Asia – Amrik pantai timur, dimana draft yang terdalam hanya bisa mengakomodir kapal 13.000-14.000 TEUs – demikian ungkap “Trade Winds”.

Seperti diketahui, hingga saat ini, batas maksimal kapal hanya yang berkapasitas 13.000-14.000 TEUs, yang bisa masuk pelabuhan di Amrik sedangkan kapal diatas kapasitas tersebut harus menata ulang pola operasi bila berkeinginan tetap berkontribusi di U.S Trade. Draft-nya kagak cukup bozz.

Sebagai gambaran umum. CSCL bergabung dengan “CMA CGM” serta “UASC” dalam aliansi strategis “Ocean 3” (O3). Nah, disini CSCL dan UASC memiliki proyek membangun kapal 19.000 TEUs – jauh sebelum CMA CGM digeser dari proyek “P3” yang kemudian menjadi “2M”.

Disaat CMA CGM digeser tersebut, ketemulah partner CSCL dan UASC yang juga membutuhkan salah satu ikon pelayaran terbesar. CMA CGM termasuk pelayaran ke-3 terbesar setelah “Maersk Line” dan “MSC”, sebelum keduanya keduanya membentuk aliansi strategis “2M”.

Kembali ke O3, CSCL memiliki order 5 x 19.000 TEUs sedangkan UASC memiliki pesanan 6 x +18.000 TEUs. Selain itu, UASC juga memiliki 11 x 14.000 TEUs untuk menyusur pasar strategis di masa datang. Agresifitas inilah yang gak bisa dipandang remeh oleh lawan.

Strategi O3 akan semakin tajam bila semua kapal besar sudah masuk jajaran. Kini, cukup memanfaatkan kapal yang ada, untuk menggempur pasar. Majuuuuu terus, pantang mundur.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar