Menurut
CEO Maersk, Soren Skou, kapal
kontainer berkapasitas 19.000 TEUs
(ke atas) saat ini masih blon menguntungkan, KECUALI
apabila pasar yang ada menunjang. Lha iyalah bozz. Kalo permintaan ada, kapal
pasti penuh tapi kalo lagi sepi, bisa perang tarif ato kasarnya, bunuh-bunuhan
deh.
Prediksi
Skou, kapal kontainer komersil yang ideal untuk beberapa tahun kedepan yakni
antara 18.000 - 19.000 TEUs. Makanya
kalo ada yang nekad membangun kapal 25.000
TEUs, dasar pertimbangannya apa ? Bisa jadi prediksi pasar global dan
optimisme dunia perdagangan. Kenapa ngga juga? Sedikit gambling, yaps !
Maersk
diakui mengalokasikan dana USD 3 milyar
guna membangun armada kapal yang mumpuni. Dasar pertimbangan kondisi pasar tahun 2017 sehingga
(bakal) memutuskan membangun kapal baru sesuai kebutuhan pasar, utamanya 18.000 TEUs - demikian sebagaimana dilaporkan
media “Journal of Commerce” (JoC)..
Kapal
segede ini hanya mungkin dioperasikan di rute Asia - Eropa (AE) saat ini. Rute lain belum memungkinkan karena
volume yang ada gak segede di AE. Juga kondisi pelabuhan yang ada, tersebar di
koridor AE.
Disain kapal 25.000
TEUs bukan masalah, menurut Skou lagi. Masalahnya, kalo volume
gak ngedukung masa iya mo dipaksain buat kapal segede itu. Mo diisi apaan ?
Ngadain turnamen sepakbola kelas dunia diatas kapal ? Boleh juga sih.
Piala Dunia (World
Cup)
untuk pertama kali diatas kapal kontainer raksasa khan blon pernah ada. Nah
mumpung lagi low-season, kenapa gak dijadiin tempat tujuan wisata baru. Mo
nyoba ?
Yang
terakhir itu sih khayalan editor hi hi hi. Pengamat bisnis gak ada yang meramal
sedramatis itu tetapi kemungkinan selalu ada khan. Yipi yipi heeeee.
Sumber
: Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar