DESEMBER : Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela
meninggal dunia, “HJS” umumkan CEO baru, munculnya isu merger antara
“Hapag-Lloyd” (H-L) dengan “CSAV”, “UASC” dapatkan pinjaman sindikasi bank USD
1,2 milyar, “Yildirim” menginjeksi dana USD 500 Juta ke “CMA CGM”, dan tabrakan maut antara KA commuter line
(CL) vs truk tanki BBM di pintu perlintasan 57A sehingga menewaskan antara lain
3 staf PT KAI.
NOVEMBER : Aliansi strategis “P3” gagas kapal kontainer
19.200 TEUs, CEO HJS resign, “HMM” luncurkan servis ke Afrika barat dan bantuan
kemanusiaan untuk korban topan “Haiyan” di Filipina mulai mengalir dari
berbagai penjuru dunia, termasuk industri pelayaran.
OKTOBER : “Hanjin Shipping” (HJS) cabut dari pelabuhan
Portland karena sering dilanda mogok, kapal besar “CSCL Star” (14.074 TEUs)
masuk pelabuhan Zeebrugge, “APMM” jual saham DFDS, aliansi strategis “G6”
merancang rencana darurat hadapi P3.
SEPTEMBER : PT Kereta Api Indonesia (Persero) meryakan
hari jadinya yang ke-68 serta meluncurkan maskot baru “Si Loko”, operator
feeder “Unifeeder” akuisisi “UFS”, disimpulkan bahwa serangan RPG ke kapal
“Cosco Asia” merupakan aksi gerilyawan, dengan koleksi kapal barunya UASC
melesat masuk peringkat 12 dunia dan “Maersk Kampala” mengalami musibah
kebakaran walau tidak parah.
AGUSTUS : “Seaspan Inc.” order 5 x 14.000 TEUs untuk YML,
sejumlah kapal komersial alami kecelakaan (“Express Bahari” tenggelam, kapal
pengangkut batu bara “Smart” terbelah dua di Afsel, “Pacific Princess” makan
korban 2 orang tewas saat perbaikan) dan kapal ke-2 seri “triple-E” – “Majestic
Maersk” diluncurkan.
JULI : Sejumlah kapal kontainer mendapat musibah seperti
“MOL Comfort” (milik MOL, terbelah dan tenggelam di Samudera Hindia), “Handa
Brandenburg” (PIL, terbakar) dan “Eugen Maersk” (Maersk, terbakar walau tidak
parah) dan tergulingnya kekuasaan Presiden Mursi di Mesir.
JUNI : “STX Pan Ocean” bangkrut, “UASC” masuk kelompok
pelayaran global yang memiliki kapal 18.000 TEUs dan isu aliansi strategis “P3”
yang terdiri dari “Maersk”, “MSC” dan “CMA CGM” mulai menyeruak.
MEI : “CSCL” order kapal gede 5 x 18.000 TEUs, “HIT”
(Hong Kong International Terminals) dilanda mogok buruh, Dirut PT KAI Ignasius
Jonan terpilih sebagai “The First Rank of Indonesia CEO Choice 2013” dan
Menteri BUMN menunjuk Syahril Japarin menjadi Dirut PT Pelni..
APRIL : “Zim Line” batalkan order kapal 5 unit dari
“Samsung Heavy Industries” (SHI), “K” Line order 5 x 14.000 TEUs, Bom Boston
meledak dan “Berlian Laju Tanker” (BLT) bayar kreditor dengan menjual kapal.
MARET : Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya lumpuh didemo
supir, kapal pertama seri “Triple-E” – “Maersk McKinney Moller” milik Maersk
Line resmi dioperasikan, muncul wacana melebur “Hapag-Lloyd” dengan
“Hamburg-Sud”, PT KAI mulai menghapus kereta api ekonomi dan Presiden Venezuela
Hugo Chavez meninggal karena sakit yang dideritanya.
FEBRUARI : Mogok nasional landa maskapai “Iberia”, markas
Damco pindah ke Den Haag, kapal OOCL Belgium terjpit hamparan es, Petronas beli
saham MISC dan maskapai penerbangan nasional Batavia Air ambruk.
JANUARI : “SDV” akuisisi “Safcomar”, kapal perang Amrik
“USS Guardian” kandas di perairan Filipina, “CMHI” beli saham terminal milik
“CMA CGM” dan Jakarta sebagai ibukota negara, dilanda banjir besar 5 tahunan.
Catatan,
Kejadian selama setahun di industri transportasi ini
dirangkum oleh RAM. Lebih kurangnya, mohon maaf. Tak lupa, kami menyampaikan
ucapan “Selamat Tahun Baru 2014”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar