Konsep serupa pernah dijalankan oleh “China Shippping
Container Lines” (CSCL) untuk menutup kerugian yang diderita, bahkan kabarnya
satu pelayaran domestik pun sempat melakukan penjualan kontainernya untuk
menutupi lubang kerugian industri pelayaran.
Kini, kabarnya pelayaran Taiwan, “Evergreen” menjalankan
teknik serupa, yakni menjual 32.265 unit kontainer dari anak perusahaannya
“Greencompass Marine” ke pihak “Elevation Development and TG Global” senilai
USD 75,7 juta.
Aksi ini disebut-sebut untuk menutupi kerugian yang
diderita sekitar TWD 2,2 milyar (= USD 70 juta) selama tiga kuartal selama
tahun 2013. Untungnya, di kuartal 3 mulai mendatangkan untung TWD 48,5 juta.
Hati-hati, belum dikonversi ke USD tuh ...
Oh iya, tambahan info lagi nih. Sebelumnya, Yang Ming
Line (YML) ternyata menyuguhkan teknik sama senilai TWD 1,4 milyar untuk
melepas dan menyewa balik unit yang dijualnya. Setidaknya ada sejumlah angka
yang bisa dihemat, makanya dieksekusi. Tapi gak disebutkan berapa jumlah kontainer yang dilepas.
Wah wah wah ... disaat pelayaran global menambah
kapasitas terpasang dengan kapal-kapal gedenya, ehhh unit kontainernya malah
dilepas untuk menutupi kerugian. Moga-moga aja cepet balik modal deh ya dan
perekonomian dunia cepet pulih.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar