Minggu, 27 Oktober 2013

JT 271013 : Kabar Terbaru Di Minggu 43

Setiap minggu, pastinya ada kabar baru, khususnya kapal aja yang baru dikeluarkan dari galangan dan kemana arah tujuannya bisa sudah siap dioperasikan. Minggu 43 (20-27 Oktober 2013) bakal merangkum sejumlah info kapal teranyar.

Simak liputannya, berikut ini.

Awal minggu ini ditandai dengan masuknya kapal ke-4 seri triple-E (18.270 TEUs) "Marie Maersk" dari galangan kapal tersohor Korsel, "Daewoo Shipyard & Marine Engineering" (DSME) di armada "Maersk Line". Kapal segede (ultra-large containership / ULCS) ini dipesan pelayaran nomor 1 (satu) dunia sebanyak 20 unit !

Liputan selengkapnya tentang kapal "triple-E”, silahkan baca JT 040913 : “Mary Maersk” Masuk AE10, JT 230813 : Kapal Ke-2 Triple-E “Majestic Maersk” Diterima Maersk, JT 120813 “ Kapal “Maersk McKinney” Lewati Suez dan JT 100713 : Maersk Terima Kapal Terbesar “Maersk McKinney Moller”.

Berita selanjutnya, datang dari dapur "NYK" (Nippon Yusen Kabushiki Kaisha) Jepang, yang baru aja dapetin kapal baru "NYK Hyperion" (13.208 TEUs). Pembuatnya : galangan kapal ternama "Samsung Heavy Industries" (SHI), Korsel. Cuma jangan salah, kapal ini dipesan atas permintaan OOCL dan pihak OOCL menyewakannya kepada pihak NYK dengan perjanjian khusus.

Maklumlah, NYK dan OOCL sebelum melebur dalam aliansi "G6" merupakan anggota "Grand Alliance" (G.A), plus Hapag-Lloyd (H-L) yang menjadi anggota tetapnya sejak awal. Bulan Maret 2011, OOCL memesan neo-panamax ships 10 x 13.208 TEUs dengan komposisi 6 unit bakal dipake OOCL sendiri dan 4 unit lainnya dipake NYK.

Dalam waktu dekat, NYK Hyperion bakal masuk kedinasan di rute Asia Eropa (AE) Loop 7 milik G6. Kapal ini bakal menggantikan kapal "APL Yangshan" (10.660 TEUs). Spesifikasi kapal ini, memiliki panjang total 366,47 meter dengan lebar 48,20 meter (19 rows).

Info selanjutnya, datang dari "Sinotrans Container Line" (Sinotrans). Kabarnya pelayaran ini pun baru mendapat suntikan kapal baru "Sinotrans Tianjin" (1.048 TEUs) dan merupakan kapal kedua yang dipesan dari "Daesun Shipyard" Korsel di tahun 2011 lalu. Agustus lalu, Sinotrans baru saja mendapatkan kakaknya "Sinotrans Shanghai".

Kapal ini akan dioperasikan di jalur dagang antara RRCina, Jepang dan Korea, bermitra dengan pelayaran "SITC". Masing-masing pelayaran menyumbangkan 1 (satu) kapal di loop yang dinamai "Kanto". Congrats deh.

Kabar terakhir ditutup dengan info dari "Alianca di Navegacao" yang baru mendapat kapal anyar "Americo Vespucio" (3.820 TEUs) - kapal geraless tipe SDARI 3800 buatan CSSC Shipyard, Shanghai, RRCina. Panjangnya 234 meter dan lebar 37,20 meter serta memiliki 500 reefer-plug. Kapal ini merupakan yang terakhir didapat, dari total order 4 unit.

Kapal ini sebenarnya udah keluar dari galangan pembuatnya sebulan lalu dan akan dioperasikan di Intra-Brazil serta bergabung dengan saudara-saudaranya yang lain (sisterships) : "Sebastiao Caboto", "Pedro Alvares Cabral" dan "Fernao de Magalhaes".

Congrats buat semuanya.


Sumber : LV (info, tgl 25 - 26/10 pindahan kantor, ribezzz en gak sempat apdet info, sori ya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar