Pelayaran Korsel, “Hanjin Shipping” (HJS) tengah
dirundung masalah, terutama di Amrik sono. Layanan servisnya terganggu sehingga
HJS berniat meninggalkan pelabuhan Portland dan mencari alternatif ke Tacoma
ato Seattle.
Pelabuhan Portland dikelola oleh “International Container
Terminal Services Inc. “ (ICTSI) namun saat ini sedang berpolemik akibat adanya
dua asosiasi pekerja yang masing-masing berkepentingan memasok “reefer box
monitor”.
“Portland Port Authority” (PPA) kabarnya menyewa
“International Brotherhood of Electrical Workers” sementara di pihak lain
“Pacific Maritime Association” (PMA) menunjuk “International Longshore and
Warehouse Union” (ILWU).
Seperti diketahui, HJS sudah masuk Portland sejak tahun
1994 dan merupakan salah satu anggota aliansi “CKYH” (Coscon, “K” Line, Yang
Ming, Hanjin), yang mengisi volume PPA sebanyak hampir 80 % dari total
kapasitas.
Bila HJS “cabut”, yang paling terpukul adalah “Fred Meyer
and Columbia Sportswear” serta sejumlah perusahaan yang selama ini memanfaatkan
pelabuhan Portland. Bila harus bongkar di Seattle maka bisa dibayangkan
tambahan biaya trucking dari Seattle ke Portland.
HJS sendiri, selama kuartal 2 – 2013 mengalami kerugian
USD 72,3 juta dan net loss USD 32 juta selama semester 1 – 2013. Kedepannya
pihak HJS sedang berupaya menghemat biaya agar kerugian yang diderita bisa
diminimalisir.
Akibat kisruh
diatas, waktu kirim dan produktifitas bongkar-muat di pelabuhan mengalami
keterlambatan ato penurunan. Belum antrian truk yang mengantri di gerbang
pelabuhan, yang akan mengirim kontainer ke tujuan.
Semoga cepat beres deh. Semua pihak sebenarnya dirugikan.
Waspada ...
Sumber : HKSG.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar