Dimulainya panen besar buah jeruk, diantisipasi dengan
baik oleh "CMA CGM" maupun "Maersk Line", langsung
melakukan penyempurnaan servis agar hasilnya optimal. CMA CGM membenahi jalur
Mesir - Laut Hitam sementara Maersk meningkatkan kemampuan di rute Maroko - St
Petersburg.
Paparannya sebagai berikut. Seiring dengan masa panen
buah jeruk, pelayaran "CMA CGM" membuka kembali (re-open) jalur
kontainer antara Mesir - negara negara di kawan Laut Hitam. Tujuannya :
1) Pertama, murni untuk mengangkut secara langsung hasil
panen buah, dari Damietta dan Port Said ke Novorossiysk, Rusia sebagai gerbang
produk buah-buahan dan sayuran,
2) Menggabungkan jalur Turki dengan perluasan servis
hingga Mesir sehingga cakupannya lebih dan menambah armada, dari 1 unit menjadi
2 unit. Lha iyalah, nambah pelabuhan gheto !
Tadinya cuma ada kapal "Marina" (677 TEUs) dan
tambahannya "JRS Capella" (694 TEUs) serta rotasi pelabuhannya
disesuaikan sbb: Damietta - Port Said - Ambarli (Istanbul area) - Novorossiysk
- Gemlik - Thessaloniki - Piraeus - Damietta.
"United Feeder Service" (UFS) menjadi slotter
di rute ini. Selain Mesir, CMA CGM juga menggarap rute Maroko - Rusia dengan
servis terpisah (baca: Dunkrus) dan kini mulai diimbangi oleh "Maersk Line
- Seago" yang memiliki akses langsung ke St. Petersburg. O .. Ohhh.
Servis yang semula dipasang guna menghubungkan
negara-negara Skandinavia dan daratan Eropa dengan Maroko (baca: "KNSM
service"), bakal disempurnakan agar bisa mencakup St. Petersburg juga.
Maersk-Seago akan menyiasatinya lebih baik lagi.
Tadinya, servis KNSM berakhir hingga Swedia doank namun
sehubungan dengan masuknya masa panen buah, Maersk-Seago berinisiatif
melebarkan servis hingga St. Petersburg tadi.
Mulai bulan Oktober ini, Maersk-Seago membuka 2 (dua)
loop dari Maroko, dengan memasang Casablanca dan Agadir sebagai gerbang
utamanya. Servis yang dijanjikan mingguan ini akan memasuki pelabuhan berikut
ini,
Casablanca - Agadir - Kiel Canal - St Petersburg - Kiel
Canal - Rotterdam - Casablanca. Satu kapal yang dilengkapi fasilitas pemecah es
"Sietas 168" (868 TEUs - memiliki 234 reefer-plug) akan bertugas di
wilayah ini. Dua kapal lainnya menyusul (belum ditentukan soalnya he he he).
Itu baru Loop 1. Loop ke-2 akan melintasi sejumlah
pelabuhan dengan rotasi : Casablanca - Agadir - Rotterdam - Bremerhaven - Kiel
Canal - St Petersburg - Gdansk - Kiel Canal - Bremerhaven - Antwerp - Casablanca. Di loop ini akan
dipasang 4 (empat) kapal sehingga total armada kapal yang dialokasikan oleh
Maersk-Seago untuk mengangkut buah ada 7 kapal.
Kesemua kapal yang dipasang Maersk-Seago merupakan kapal
khusus yang bisa melintasi wilayah beku sehingga tidak akan terkendala dengan
problem operasional - idealnya sih gitu.
Semoga panen buah kali ini menguntungkan semua pihak ya.
Congrats !!!
Sumber : LV.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar