Hari gini, jarang pelayaran bisa mencetak laba, apalagi disaat pandemi Coronavirus sedang membabi
buta di seluruh dunia dan melalap hampir semua sektor sehingga bikin kebanyakan
harus terkapar.
Beberapa pelayaran asal Asia
berhasil membukukan laba di kuartal
2 (Apr-Jun) 2020 dimana blank sailing + rendahnya harga bahan
bakar, ikut membantu keberhasilan
mereka membukukan keuntungan.
Tercatat ada 3 (tiga) pelayaran
yang boleh dibilang berhasil mengontrol biaya sehingga bisa meraup untung. Evergreen Marine Corp. (EMC) membukukan USD
108,28 juta = TWD 3,19 milyar. Muanteeeep.
Sementara pelayaran Wan hai Lines (WHL, sekampung dengan EMC sama2 dari Taiwan)
berhasil mencatat net
profit TWD 1,68 milyar (= USD 56,82 juta). EMC mengakui kenaikannya diperoleh di rute Trans
Pasifik (TP).
Pada Kuartal
2, kapal2 yang berlayar dari Asia Timur ke Pantai Barat + Pantai Timur Amrik
berada dalam
kapasitas penuh, dan tarif angkutan cenderung
naik setiap minggu. Beruntung banget deh pokoknya.
Secara khusus, rute Pantai Timur
Amrik naik menjadi USD
3.303 / FEU pada akhir Juni.
Pengiriman untuk rute Pantai Barat Amrik mencapai USD
2.692 / FEU, menurut laporan
media Container News yang berbasis di Inggeris Raya.
Evergreen berharap kondisi ini
akan terus bisa dinikmati di kuartal
3 (Jul-Sep) 2020 karena hampir
bertepatan dengan jelang hari Natal
2020 + Tahun Baru 2021 mendatang.
Inilah yang biasanya ditunggu-tunggu perusahaan pelayaran.
Wan
Hai, mengalami lonjakan
laba bersih sebesar 140 persen
dari tahun lalu. Wan Hai berhasil mengurangi pengeluarannya dengan
mengembalikan kapal sewaan + memarkir kapalnya disaat gak ada volume.
RCL
Thailand pun mengalami lonjakan laba
bersih menjadi THB215
juta (= USD 6,97 juta) di Q2, walau volume kargo turun 15 persen menjadi 465.000
TEUs. Kapasitas yang berkurang memberikan dukungan pada
tarif pengangkutan, dan biaya
bunker turun 37 persen lebih rendah,
yang menyebabkan peningkatan substansial dalam laba bersih perusahaan.
Artinya, perusahaan pelayaran
masih bisa bermanuver dengan menjalankan kiat sukses mengantisipasi pengeluaran
beban biaya operasional. Lantas pelayaran yang lain bagaimana ? Kita monitor
aja dulu ya.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar