Perusahaan pelayaran asal Taiwan sepertinya sudah mengkalkulasi dengan cermat, saat sekarang hingga
kedepan Yang Ming Marine
Transport (lebih dikenal dengan Yang Ming Line / YML) lebih membutuhkan kapal milik ketimbang harus
sewa.
Dari sumber yang bisa dipercaya,
pihak YML ingin porsi kapasitas kapal miliknya naik dari 30 persen menjadi 45 persen, dalam upaya mengurangi biaya operasional. Itu yang
disampaikan Chairman
YML Bronson Hsieh pada saat konferensi
pers.
Dengan menambah kapal milik
setidaknya bisa mengurangi biaya sewa dan secara keseluruhan akan menjadi lebih
baik. Saat ini ranking YML berada di urutan ke-8 operator besar dunia – versi Alphaliner.
Total kapal yang dimiliki YML 91 unit dengan agregat 599.068
TEUs – termasuk 49 kapal sewa sedangkan kapasitas yang
dimiliki hanya 187.275
TEUs. Hsieh menanggapi isu diatas sehubungan dengan
dikembalikannya 2
(dua) unit kapal sewa ke pemiliknya.
YM
Eminaence + YM Elixir (kapasitas masing2 4.250 TEUs), segera dikembalikan ke First Ship Lease Trust (FSL Trust) yang baru tuntas masa sewanya selama 12 bulan. Satu
lagi sistership yang akan dibalikin yakni YM
Enhancer.
Kedepannya, YML ingin fokus ke short-sea shipping biz dan kurang sepakat dengan orderan kapal2 gede2
seperti yang ditunjukkan oleh mitra2 kerja di THE
Alliance. Menurut YML, kapal yang ideal
untuk servis jarak jauh cukup dengan 11.000
TEUs.
Demikian gambaran YML menatap
masa depan, harus seperti apa. Jelas dunk.
Sumber : Dari Sana-sini..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar