Dampak
dari kebangkrutan pelayaran Korea
Selatan, dirasa berbeda dari yang sesi sebelumnya dimana pernah keles
dengar nama2 seperti Cho Yang Line,
Dongnama Shipping dan lain-lain. Intinya kini yang disebutkan tadi udah
almarhum.
Hanjin Shipping (HJS) sih sebenarnya masih masuk
program rehabilitasi sampai bulan November mendatang namun isu negatif
udah menghantam HJS sehingga untuk bangkit lagi, berat bingitz.
Kenapa
isu kebangkrutan HJS begitu dahsyat ? Itu karena kapasitas terpasang yang
dimiliki dan juga posisi no.7 selaku
operator kapal kontainer terbesar di
dunia. Jadi, wajar bila pelayaran global mengincar asset yang ditinggalkan
HJS.
Isu
ini bukannya gak dapat perhatian di dalam negeri. Di domestik negeri Ginseng, isu ini cukup menyita
perhatian masyarakat dan para petinggi yang berkepentingan dengan nama besar
hanjin selain membawa serta nama negara.
Di
majelis nasional, anggota parlemen dari Partai Minjoo, Eui Sung-gon, mengatakan
bahwa data dari Busan Port Authority
(BPA) menunjukkan bahwa dari 97
kapal kontainer yang dioperasikan oleh Hanjin Shipping, 59 kapal melayani rute 6 (enam) trans-Pasifik (TP) dan Asia-Eropa (AE), HIS Media melaporkan.
Hyundai Merchant Marine (HMM) dan sejumlah pelayaran
besar lainnya siap memasang kapasitas yang ditinggalkan HJS. Rebutan Pelanggan
yang pernah begitu setia dengan HJS, kini jadi incaran pemain global lainnya,
khususnya Global Accounts.
Untuk
diketahui, dari pelabuhan Busan aja HMM
memasang 5 x 5.000 TEUs di TP dan 1 x 4.600 TEUs di
AE. Aliansi 2M (Maersk Line & MSC) mengoperasikan 6 x 5.000 TEUs di rute yang sama. Yang Ming dan “K” Line
masing2 membawa 4 x 4.000 TEU dan 2 x 4.000 TEUs.
Entah
ini bisa disebut sebagai sengsara membawa nikmat karena disinyalir tariff Busan
ke Amrik naik ke level USD 2.000/40’
ato setara dengan kenaikan 67 persen.
Sampai kapan, nah ini pertanyaan menarik.
Apakah
seasonal aja seperti halnya yang
terjadi di Indonesia ato sementara
doank ? Saat ini masing2 pelayaran berlomba2 mengirim container ke area yang menurut
kita, koq ya biasa2 aja tetapi perputaran kontainer REPO MTY rame bener. Kesana-kemari pula.
Simak
juga terkait isu kebangkrutan Hanjin Shipping di JT 121016 : Kontainer Hanjin
Lumpuhkan SC Ports, JT 111016 : Kontainer Hanjin Shipping (HJS)
Sumbat LA-LB Port, JT 041016 : HMM Kurangi Kapasitas, Maersk Jaga Kapasitas, JT
230916 : 2M Tambah Kapasitas, Dampak Hanjin Ambruk dan JT
160916 : Dampak Kasus Hanjin Bisa Luas.
Kita
seneng2 aja dikasih order namun disatu sisi sering merenung, industry maritime memang
penuh dengan misteri. Banyak gak bisa dijelasin secara kasat mata ha ha ha.
Sumber
: Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar