Setelah
beberapa hari lalu, puluhan ribu kontainer kosong milik Hanjin Shipping (HJS) yang kini seolah jadi gak bertuan,
berkeliaran dimana-mana. Yang bikin
kepala cekot2 yaitu kontainer tersebut gak bisa diturunkan dan tetap menempel
diatas chassis.
Puluhan
perusahaan logistik di Amrik dibuat
pusing tujuh keliling lantaran isu bangkrutnya perlayaran Korea Selatan ini, selain mendadak, kini kasus HJS menyisakan
persoalan tambahan, yakni kemana kontainer kosong HJS harus dikembalikan ?
Di
depo maupun terminal, jelas2 menolak karenan kedepannya udah diantisipasi,
siapa yang mo bayar biaya penumpukannya
(storage charges) ? Media cetak Wall
Street Journal (WSJ) mengabarkan, ribuan chassis jadi gak bisa beroperasi
karena isu MTY kontainer HJS.
Terminal
Los Angeles dan Long Beach (LA & LB) udah menolak duluan karena udah gak punya
tempat lagi buat numpuk kontainer MTY. Disebut2 HJS menyewa lahan khusus untuk
mengumpulkan assetnya di tepian kota New
York namun sejauh ini gak jelas juga.
Kini,
paling ngga tercatat 15.000 chassis
menunggu giliran buat bongkar MTY HJS
dan pihak HJS menegaskan dalam minggu ini segera terurai urusan ini. Pelabuhan Amrik bisa lumpuh klo gak tertangani dengan baik. Ok deh,
kita lihat aja yyuuuk …
Simak
juga terkait isu kebangkrutan Hanjin Shipping di JT 111016 : Kontainer Hanjin
Shipping (HJS) Sumbat LA-LB Port, JT 041016 : HMM Kurangi Kapasitas, Maersk
Jaga Kapasitas, JT 230916 : 2M Tambah Kapasitas, Dampak Hanjin Ambruk dan
JT
160916 : Dampak Kasus Hanjin Bisa Luas.
Sumber
: Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar