Ini
adalah anti-klimaks yang harus dijalani oleh perusahaan pelayaran Korea Selatan, yang selama ini
malang-melintang dan cukup disegani oleh para mitra kerjanya. Kini nasibnya
tinggal selangkah menuju ke kebangkrutan.
Kelihatannya
sadis dan serem tapi apa boleh buat. Dukungan agar Hanjin Shipping (HJS) bisa berkiprah lagi di industri pelayaran
tampaknya semakin susut sehingga bagi dewan direksi HJS seolah buntu dan gak
ada pilhan lain … hik 3x.
Pihak
HJS mengajukan kurator pengadilan atas sikon terkini, dimana semua pihak udah
gak ngasih dukungan lagi dan dipastikan dalam waktu dekat, bendera HJS bakal
diturunkan mendadak – demikian menurut
takisran Bloomberg News.
Menurut
kantor berita Reuters, dewan direksi
sepakat memanggil kurator – sesuai hasil rapat di Seoul hari Rabu tgl 31/08.
Kabar kebangkrutan pelayaran terbesar ke-7
versi Alphaliner ini, merupakan yang terbesar di dunia, ditinjau dari sisi
keuangan dan kapasitas.
Sebelumnya,
Hanjin Group bakal nyelamatin HJS
dengan jumlah suntikan dana yang besar dan berkelanjutan hingga sikon pelayaran
dunia membaik tetapi perkiraan ini akhirnya dikesampingkan.
Pelayaran
ke-2 terbesar di Korea Selatan, Hyundai
Merchant Marine (HMM), kini bisa berlayar kembali setelah program
restrukturisasinya berjalan mulus dengan dukungan kuat KDB maupun para juragan
kapal.
Rupanya
skenario serupa blon tentu bisa diterapin dengan kasus yang sama dengan HJS. Bahkan
disebut2 HMM mendapat suntikan dana pihak ke-3 yang berniat ngebeli sahamnya
dan kini HMM ikut aliansi strategis 2M yang dimotori Maersk Line dan MSC.
Komposisi
10 (sepuluh) pelayaran besar dunia
di akhir tahun 2016 akan mengalami
perubahan besar, apalagi dengan sejumlah aksi merger yang dilakukan, semisal CSCL + Cosco serta Hapag-Lloyd + UASC dan akuisisi APL oleh CMA CGM.
Belajar
dari pengalaman bangkrutnya Dongnama
Shipping (DNA) beberapa tahun silam, dimana kapal berlayar dan disaat
bersamaan jatuh talak DNA bangkrut, kargo Pelanggan seperti barang gak bertuan.
Kapal
bisa ditahan pihak berwenang ato otoritas terkait. Kemudian asset container jadi
rebutan para-pihak yang meng-klaim dirinya berhal, Blon lagi mengatasi
komplein2 Pelanggan besar … beuuuu kompleksitasnya sangat luar biasa rumit
(jikalau benar2 terjadi).
Hanya
keajaiban yang bisa menyelamatkan HJS. Benarkah ? Terus gimana juga dunk nasib
aliansi strategis THE, untuk
menggantikan CKYHE yang bubar jalan
karena anggotanya tercera-berai ? Gak usah rempong deh, udah ada yang ngurusin.
Seperti
sebelum2nya, semua orang nyaris gak percaya klo Hanjin Shipping bisa bernasib tragis. Walau blon secara jelas
dikatakan bangkrut tetapi permohonan kurator sampai dengan penahanan kapal di
pelabuhan tertentu, berindikasi serius bahwa HJS (bakal) bangkrut.
Baca
rujukan sebelumnya di : JT 300816 : Isu HJS - Seaspan Mengalah,
Kreditor Lain Nyerah, JT 080816 : Hanjin Shipping Tetap Berjuang, JT 290616 :
Hanjin Kembalikan 38 Kapal Sewa, JT 150616 : Giliran Hanjin Shipping (HJS) Cari
Dukungan dan JT 020516 : Seaspan Gak Kuatir Dengan HMM dan HJS.
Sumber
: Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar