Ini
pekerjaan rumah (PR) bagi pengelola
jalan tol laut Terusan Suez bila
keinginan Maersk Line dan MSC (aliansi 2M) bakal memindahkan rute jalur pintas ke Amrik bagian
timur via Terusan Panama.
Langkah
strategis ini dibuat oleh 2M untuk mendorong servis round-the-world (RTW) yang diharapkan bias ngebawa kejayaan kembali
industri pelayaran di era yang penuh tantangan. Terhitung mulai bulan September mendatang, Maersk-MSC bakal
mencoba rute diatas.
Servis
Asia-Amrik bakal dioperasikan via
Terusan Panama, salah satunya Asia-USEC all water – begitu sih sebagaimana
dilansir media riset Alphaliner. TP-12 ato Empire service merupakan penyebutan nama service dari Maersk Line
dan MSC. Itulah yang bakal diujicoba.
TP-12
/ Empire merupakan bagian servis Asia - WCNA
TP-8 / New Orient string yang mengoperasikan 17 kapal berkapasitas antara 8.400
– 9.500 TEUs. TP-12 / Empire versi anyar, bakal ngoperasiin 11 kapal
berkapasitas 8.500 TEUs.
Rotasi
teranyar TP-12 / Empire : Hong Kong –
Shenzhen/Chiwan – Shenzhen/Yantian – Ningbo – Shanghai – Busan - (Panama) - New
York/NJ, Norfolk – Baltimore - New York/NJ - (Suez) – Salalah – Kolombo –
Singapura - Hong Kong.
Di
sisi lain, TP-8 / New Orient bakal
digabungin dengan TP-11 / America dalam
rangkaian servis pendulum baru yang menghabiskan waktu 17 minggu dengan 17
kapal 8.500 TEUs. Rute langsung dari Xiamen
dan Kaohsiung menjadi andalan
servis ini.
Rotasi
pendulum anyar : Shanghai – Xiamen –
Kaohsiung – Shenzhen/Chiwan – Shenzhen/Yantian - Cai Mep – Singapura – Salalah
- (Suez) - New York – Norfolk – Savannah – Charleston – Miami - Freeport
(Bahama) - (Suez) – Singapura – Qingdao – Shanghai – Busan - Prince Rupert -
Long Beach - Shanghai.
Di
loop lainnya, TP-10 / Amberjack
menggeser New York namun menambahkan Ningbo (eastbound) dan Busan (westbound).
Revisinya jadi seperti ini : Qingdao –
Xingang – Ningbo – Shanghai – Busan - (Panama) – Savannah – Charleston –
Jacksonville - (Panama) – Busan - Qingdao.
Begitu
juga loop TP-18 / Lone Star Express
trans-Panama bakal mencakup Houston, Mobile dan Miami, sementara penambahan
pelabuhan hanya tercatat Freeport (Bahama – bukan di Papua nih ya, catet !).
Revisi
legkapnya TP-18 / Lone Star : Qingdao - Ningbo
- Shanghai - Xiamen - Shenzhen/Yantian - Busan - (Panama) - Cristobal (MSC
doank !) - Houston - Mobile - Miami - Freeport (Bahama) - (Panama) - Balboa -
Busan - Qingdao.
Kedua
servis terakhir menggunakan kapal klasik berkapasitas 4.200 – 5.100 TEUs namun
dengan telah dibukanya Terusan Panama hasil renovasi bakal besar kemungkinan
bakal diperbesar juga kapasitasnya. Jumlahnya berapa, menyusul aja ya.
Congrats
!
Sumber
: Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar