He
he he …liburan kelamaan juga bikin kita ku-per.
Bisa aja sih nyuri2 waktu ato nyempetin browsing internet tapi yang namanya
libur lebaran, suasana hati juga pengen jauh dari urusan gawean. Sejenak menghibur
diri dan keluarga.
Yang
mungkin terlewat dari pantauan kita selama seminggu berlebaran, yakni masuknya
pelayaran yang nyaris kolaps Hyundai
Merchant Marine (HMM), malahan kini doí gabung dengan aliansi startegis
eksklusif 2M yang beranggotakan Maersk Line dan MSC.
Walau
digelayuti utang USD 4,48 milyar
namun ambisi pengen tetep eksis gak bisa dibendung walau harus tampil sepenuh
hati buat ngebuktiin HMM juga masih sanggup ! Aje gile, gak tanggung2 juga, HMM
akhirnya menyewa 6 x 10.000 TEUs
untuk memperkuat diri.
HMM
dipercaya untuk bisa mengakomodir servis ke Timur Tengah (Middle East) dan juga menjaga gawang rute ke Amrik.
Lantas kapan kapal2 anyarnya bakal masuk ? Ehh ternyata udah jalan duluan dan bisa
jadi, tadinya diprediksi untuk aliansi lain tapi keburu ditolak.
Tempo
hari, HMM memang sedang dihantam isu krisis keuangan dan salah satu
penyelamatnya adalah keputusan harga
diskon untuk kapal sewa dari sejumlah juragan kapal, sebesar 20 persen. Lumayan bingitz.
Malahan
Hanjin Shipping (HJS) yang juga
nyoba proposal serupa, lagi di-bully abiiiz karena minta diskon lebih gede
(begitu kabarnya) sehingga salah ship-owner
yang bernaung dibawah bendera Seaspan
Inc., menolak keras usulan harga diskon.
HMM
boleh dibilang masuk 2M dengan segala keberuntungannya. Gak sembarang pelayaran
berani join, apalagi denger nama besar Maersk Line dan MSC. Mungkin juga rasa
malu udah putus dan dibekali modal nekad, semua bisa terjadi.
Kapal
sewa pertama dikelas 10.000 TEUs rupanya udah masuk sejak Januari 2016 yaitu
ditandai dengan masuknya kapal Hyundai Earth.
Kemudian bakal disusul oleh sodara2 lainnya (sisterships) : Hyundai Mars, H. Jupiter, H. Saturn dan H. Neptune.
Menurut
HMM, 5 (lima) kapal bakal dialokasikan di rute Amrik (supaya bisa lewat Terusan
Panama nih) sedangkan 1 unit lainnya bakal ditempatkan di Amerika Selatan. Dua
minggu lalu, HMM mirip pesakitan gitu deh, kini bisa tampil lebih pe-de nih he
he he.
Dengan
keampuan upgrading diatas, armada HMM di rute Amrik ditingkatkan secara gak
langsung, dari kapasitas 4.600 TEUs
ke 10.000 TEUs, woooow bingitz nih.
2x lebih kuat – demikian menurut ulasan World
Maritime News yang terbit di Rotterdam.
Secara
khusus nantinya, HMM bakal memperkuat pasar Arab, termasuk pasca Iran lepas
dari embargo sehingga HMM menargetkan pangsa pasar 8 persen menjadi 13 persen.
Tentunya dengan penambahan armada kapal di rute sana.
HMM
disebut2 bakal ngoperasiin 2 (dua)
servis terpisah dengan jumlah total 12
kapal sehingga benar2 akan tampil all-out. HMM dipercaya menjaga gerbang
Timur Tengah dan Amrik sebelah utara sedangkan Amrik sebelah selatan akan
dikawal Maersk maupun MSC.
Kemajuan
significant ini bukannya terjadi dengan sendirinya. Korea Development Bank (KDB) merupakan salah satu tim penyelamat
yang masih terus menerus melihat perkembangan di luar sana. Aman gak ya ? Gitu
menurut pencermatannya.
Akankah
performansi HMM menjadi lebih jozz setelah tampil bareng aliansi 2M ? Nama
aliansi sejauh ini disebut 2M+.
Entah besok hari klo ada penamaan tersendiri. HMM harus lolos ujian dulu, mampu
ngga nih.
Wooooi,
baca juga deh rujukan berikut ini : JT 020716 : Zim Jajaki Join 2M, Komposisi
Aliansi Berubah, JT 010716 : HMM + Zim Dekati 2M dan JT
290616 : Hanjin Kembalikan 38 Kapal Sewa.
Stay
tune … and keep on movin’.
Sumber
: Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar