Kenapa
koq tiba2 aliansi strategis 2M nyari mitra tambahan, ada apa gerangan ? Yang
nyari 2M itu mitra anyar ato justru Maersk Line dan ato MSC ? Ini yang sulit dikonfirmasi. Tapi indikasi 2M diminati oleh HMM dan Zim Line, mulai dicermati oleh para pengamat.
Bermula
dari minggu lalu, saat Hyundai Merchant
Marine (HMM) mulai merangsek ke pihak 2M untuk bisa berpartisipasi dan kini
diikuti oleh pelayaran Israel, Zim Integrated Shipping Services (Zim Line),
yang punya keinginan sama untuk meningkatkan potensi mereka masing2.
Sepertinya
memang ada hal yang mendorong 2M bersikap realistis. Dasarnya apa ? Saat ini,
komposisi kepenguasaan pangsa pasar antara Maersk dan MSC sekitar 23 persen (termasuk HMM dan Zim)
sedangkan aliansi yang menjadi pesaingnya : Ocean Alliance menguasai 40
persen dan THE Alliance 34 persen.
Hmm
… pantesan, usai CMA CGM mencaplok NOL-APL, komposisi aliansi strategis
berubah drastis sehingga merubah pola strategi dari masing2 anggotanya. Bahkan
HMM yang tengah dirundung masalah keuangan pun kabarnya berpaling dari THE
Allliance karena ditolak secara halus.
Kini
harapan HMM agar bisa bergabung, hanya kepada 2M dan para pengamat
mengindikasikan bisa jadi Maersk Line ada inisiatif mengakuisisi HMM bila
memang butuh porsi maupun kekuatan tambahan. MSC hingga detik ini gak berminat
mengakuisisi.
Waaaw,
tarik-menarik antar pelayaran global semakin menarik aja nih dan tambah
mengerucut. Buktinya aliansi strategis yang semula ada 5 (The New World Alliance, Grand Alliance, CKYH, embrio P3-network yang kemudian menjadi 2M dan Ocean 3), menjadi 4 (2M,
CKYHE, O3, G6) kemudian 3 besar (2M,
Ocean Alliance, THE Alliance),
mengindikasikan kedepannya, yang besar
semakin waaah, yang kecil harus jeli di niche market.
Waspada
dan tetap kudu waspada, bahkan semakin waspada.
Sumber
: Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar