Kadangkala,
sebuah pelabuhan memerlukan terobosan, sekaligus sensasi supaya lebih diminati
oleh pelayaran lain. Contohnya jelas dan ada di Amrik. Apa yang jadi keunikannya dan siapa pelakunya ?
Di
Amrik pantai timur, pelabuhan Savannah
blon lama ini menerima kapal kontainer anyar milik MOL, yang juga sukses
ngebayar biaya tol Panama termahal hingga saat ini, yakni MOL Benefactor (10.000 TEUs).
Dari
sisi kemampuan , kehadiran kapal gede ini memberikan apresiasi yang besar
terhadap supremasi Savannah menjadi salah satu pusat distribusi di wilayah
timur Amrik. Di Garden City Terminal
Savannah kapal ini ngebongkar muat hampir 3.000 TEUs.
Kapal
ini bertugas di NYX (New York Express)
di salah satu servis milik aliansi
strategis G6. Rute persinggahan NYX yang terbaru mencakup New York / New Jersey, Virginia dan
Savannah, sedangkan pelabuhan selanjutnya adalah Manzanillo International Terminal (MIT), Panama.
Menurut
GPA executive director Griff Lynch,
kehadiran MOL Benefactor memberikan peluang dan kesempatan besar bagi Savannah
di masa datang, apalagi kapal 10.000 TEUs ini merupakan kapal terbesar yang
pernah datang di Savannah.
GPA
pun gak berdiam diri doank. Dengan penambahan order 8 (delapan) unit gantry crane neo-panamax nantinya GPA bakal punya 30 ship-to-shore crane di tahun 2018, melengkapi 30 rubber tyre gantry (RTG) sehingga nantinya menjadi 146 unit.
Agar
bisa mengakomodir kapal yang lebih besar, Savannah
harbor expansion project (SHEP) bakal ngedalemin (deepen the inner harbour) alur menjadi 47 kaki dan outer harbour menjadi 49
kaki. Progressnya sampe saat ini baru 15
persen.
Intinya,
Savannah terus berbenah diri agar bisa menjadi opsi pelayaran global dalam
memilih pusat distribusi di wilayah Amrik bagian timur. Congrats !
Sumber
: Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar