Secara
skala sih, bisa jadi andalan tetapi secara prinsip kerja, itulah yang blon
teruji. THE – memiliki potensi besar
untuk bisa menyaingi 2M sekalipun jumlah armada digabung sangat bervariasi
ukurannya. 2M dimotori 2 (dua) pelayaran
terbesar didunia, Maersk Line dan MSC.
Memang
bersaing dengan 2M sekarang ini, diatas kertas bisa dibilang cari mati. Tapi ketimbang
mati gak ngelawan, lebih sakit khan ? Itulah yang mendasari mending ngelawan
sekalian aja, daripada mundur dari medan peperangan dan 2 M melenggang. No Way
Man.
THE
Alliance dibentuk oleh mantan anggota aliansi G6 dan CKYHE yang
sekarang ini tercerai berai akibat munculnya kreasi baru Ocean Alliance, yang beranggotakan CMA CGM, China Cosco, Evergreen dan OOCL.
Upaya
memecah belah aliansi ini berhasil dilakukan CMA CGM dengan mengakuisisi APL sedangkan COSCO melebur diri dengan
CSCL (China Shipping Container Lines), maujud menjadi China Cosco. COSCO dan Evergreen anggota CKYHE sedangkan APL dan
OOCL anggota G6.
Konstelasi
aliansi terbaru memang rumit sehingga mau gak mau, menjadi keharusan
bersama bila gak ingin terlibas dan
pupus namanya di industri pelayaran global. THE kini beranggotakan : Hanjin Shipping (HJS), Hapag-Lloyd,
"K" Line, MOL, NYK dan
Yang Ming.
Kekuatan
ke-7 (tujuh) masih dalam tahap nego.
Artinya karena ada rumors Hapag-Lloyd (H-L) bakal merger dengan pelayaran Arab,
yaitu United Arab Shipping Co. (UASC)
maka ini akan menjadi modal yang sangat besar bagi THE Alliance.
Jika
maujud, kekuatan THE Alliance (termasuk UASC) bakal jozz. Melibatkan gak kurang
620 kapal dan menjadi salah satu
aliansi terumit yang ada hingga saat ini. Persilangan budaya baru dengan sistem
kerja yang berbeda, bisa jadi PR bersama yang kudu diprioritaskan.
Gak
cuma itu. Menurut pengamat lagi, kombinasi THE Alliance akan membawa agregat 3,5 juta TEUs ato setara dengan 18 persen kapasitas armada kapal kontainer
global yang siap sedia. Bukan lumayan lagi, artinya bisa diadu deh !
Nah,
konstelasi ini diperkirakan dalam 5
(lima) tahun kedepan gak akan berubah banyak … hanya saja, siapa yang rontok
dan siapa yang gugur bakal semakin nyata, kecuali diimbangi dengan perbaikan sikon ekonomi global. Semoga
membaik ya.
Kedepannya
akan ada 3 (tiga) aliansi besar, yaitu 2M,
Ocean Alliance dan THE Alliance
sedangkan O3, G6 dan CKYHE bakal menjadi sejarah. Yang
kecil2, ya berjuang di pasar khusus deh.
Sumber
: Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar