Sejumlah pengamat mengamati, mendekati beroperasi 2 (dua)
aliansi besar yang tengah berkompetisi dengan kekuatan penuh, di rute andalan
pula, menimbulkan spekulasi kurang mengenakkan : harga bakal anjlok.
Nah loh, dampaknya koq malah jadi negatif gini. Saat ini,
secara formal-legal, aliansi strategis 2M (Maersk + MSC) dan
Ocean 3 / O3 (CMA CGM, UASC, CSCL) sudah mendapat persetujuan dari Federal
Maritime Commission (FMC) namun O3 masih bermasalah dengan tatib admin.
Bayangkan saja, begitu di-gong-kan gak perlu lama untuk "menggoyang"
harga di pasaran.
Kedua aliansi sudah menyiapkan jadual operasi, dan
sebagian sudah disosialisasikan kepada para Pelanggan (termasuk pabrikan). Yang
terkini, 2M kabarnya tengah menyiapkan 22 string ato loop. Rute yang dikabarkan
bakal rame dengan potensi perang tarif adalah Asia - Med. Waduuuh !
Yang akan bersaing ketat di area Med adalah antara Maersk
dan CMA CGM. Keduanya cukup mendominasi dengan pangsa pasar
masing-masing diatas 10 persen. Sementara kenaikan
kapasitas terpasang bila kedua aliansi ini beroperasi, sedikitnya bakal ada
penambahan 14.000 TEUs dalam seminggu.
Tak bisa dipungkiri, menurut analis, pertumbuhan di jalur
dagang Med termasuk bagus dengan skala 7 persen artinya masih bisa diimbangi
dengan pola lama. Meleburnya pelayaran besar dalam aliansi super, menimbulkan
kekhawatiran besar atas ambrolnya tarif. Tak hanya Med tetapi Laut
Hitam (Black Sea) dan Adriatik pun akan terkena dampak
langsung.
Di sisi lain, hadirnya MSC, UASC dan CSCL
yang nota bene juga memiliki pasarnya sendiri, akan ikut mempertaruhkan
persaingan harga dan servis di waktu-waktu mendatang. Seperti apakah gambaran
persaingan langsung antara 2M vs O3 ?
Tunggu pengumuman resmi hingga bulan depan ato minimal
akhir. November 2014. Siapa tahu ada yang baru lagi he he he. Yang
pasti sih kalo baca komposisi dan prediksi pengamat, bakal rame nih. Lanjuuuut.
Sumber : Container - Mag.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar