Ini kabar gembira dan boleh-boleh aja, para petinggi
kedua pelayaran dari Maersk Line dan Mediterranean Shipping Co. (MSC)
dan jajarannya merayakan "kemenangan" setelah
aliansi strategis yang dinamai "2M" akhirnya mendapat
persetujuan dari otoritas terkait di Amrik, Federal Maritime Commission (FMC).
Bukan perkara gampang untuk bisa mendapatkan ijin
pembukaan rute ke wilayah Amrik karena prosedurnya yang begitu ketat, khususnya
setelah insiden 9/11 yang meluluhlantakan gedung kembar WTC beberapa tahun
silam. Kejadian tersebut menjadi trauma berat bagi bangsa Amrik.
Menurut kantor berita Reuters, kerjasama
operasi dalam bentuk vessel sharing agreement (VSA) sudah bisa dimulai per awal
Januari
2015 mendatang. Salah satu pejabat dari 5 komisioner FMC, Richard
Lidinsky mengingatkan agar otoritas terkait membuat skema monitoring
yang mumpuni – sebagaimana direkomendasi CSA / China Shippers Association.
Aliansi 2M akan menggabungkan sebanyak 185
unit kapal berbagai ukuran, dan bakal dioperasikan di east-west trade sistem
conveyor-belt tetapi masing-masing pelayaran memiliki kebijakan penjulana yang
independen.
Dengan terbentuknya aliansi 2M, Maersk Line dikabarkan
bisa menghemat hingga USD 350 juta per tahun dan angka
yang cukup fantastis. Aliansi 2M terbentuk, setelah P3-network (Maersk, MSC, CMA CGM)
ditolak oleh otoritas pemerintah Tiongkok bulan Juni 2014 lalu.
Alasan Kementerian Perdagangan (Ministry of
Commerce) Tiongkok menyampaikan alasan penolakan P3-network bahwa
market share ke-3 pelayaran tersebut terlalu besar dan dikhawatirkan bisa
menimbulkan kartel baru.
Selain Amrik, aliansi 2M harus mendapat persetujuan
otoritas terkait di Eropa dan Tiongkok namun keputusannya belum bisa diperoleh
dalam waktu dekat. Biasanya sih, kalo sudah lulus dari kajian FMC lebih mudah. Satu
perkecualian dengan P3-network lalu.
Untuk diketahu bersama, pangsa pasar 2M di hampir semua lini memang
dominan. Semisal, Asia-Eropa (AE) 35 %, Trans Atlantik (TA) 31 % dan
Trans Pasifik (TP) 22 % - demikian menutut laporan FMC.
Rujukan terkait pembentukan aliansi baru 2M dan
sekitarnya, baca JT 101014 : “CSA” Cermati Perkembangan “VSA”, JT 071014 : Versi Pengamat, “2M” Berisiko, JT
300914 “”FMC” Persulit Aliansi “2M”, JT 230914 : “2M” Umumkan Jadual Kapal, JT
160914 : Konstelasi Aliansi Strategis Akhir tahun 2014, JT 120914 : Petinggi Maersk
& MSC (2M) Sambangi Washington dan JT 110914 : Aliansi Ocean 3
Beranggotakan CMA CGM, UASC, CSCL.
Semoga lancar ya.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar