Ooops, berlaku mulai kapan tuh ?
Gak tanggung-tanggung, orang klo sudah berbisnis dan
punya kepercayaan diri tinggi, langsung hajar bleh. Pastinya dengan
pertimbangan matang. Jumlah duitnya aja segede itu. Brrrrrr.
Pelayaran nomor 1 (satu) di dunia, Maersk Line, untuk
periode tahun 2015-2019 menganggarkan dana USD 3 milyar per tahunnya
untuk membiayai konstruksi kapal anyar dan menjaga eksistensinya sebagai
operator kapal kontainer terbesar - demikian sebagaimana dilansir kantor berita
"Reuter".
Dalam sebuah presentasi yang diadakan di Kopenhagen,
Denmark, pesanan kapal yang saat ini ditorehkan gak bisa menjamin 100
persen dominasi tersebut. Karena selalu ada pihak lain yang ingin
menyalip / menyusul posisi leader. Maersk sendiri berkomitmen membangun kapal
besar agar memperoleh skala ekonomi yang diharapkan di setiap rute.
Saat ini, Maersk Line mengoperasikan gak kurang dari 500
unit kapal berbagai ukuran. Dan, presentasi tadi bisa ditafsirkan
sebagai counter atas isu yang berkembang belum lama ini, saat media riset yang
bermarkas di Paris, "Alphaliner" memprediksi bahwa MSC
berpeluang besar menggeser posisi Maersk Line berdasarkan konsistensi order
kapal baru (current orderbook), setidaknya di tahun 2016.
Pelayaran asal Denmark ini mengontrol 15
persen pangsa pasar pelayaran global, dengan 20 persen market share
fokus di rute Asia - Eropa. Sejatinya, sejak krisis keuangan lalu, harga /
uang tambang / ocean freight sudah mencapai batas "gak wajar blaaas"
(loss-making
levels) tetapi apa mau dikata, realisasi masuknya kapal baru dan gede
gak bisa dibendung.
Beruntung bagi pelayaran yang bisa memanfaatkan peluang
skala ekonomi seperti yang Maersk Line canangkan. Artinya, lewat strategi baru
seperti aliansi dan penghematan bahan bakar, profit masih bisa diraih walau
butuh perjuangan dan do'a.
Rujukan sebelumnya, terkait kompetisi antar pelayaran global,
silahkan baca JT 131014 : Aliansi “2M” Akhirnya Melenggang, JT 250914 : “Maersk Line”
Pakai Triple-E Di AE-10, JT 230914 : “2M” Umumkan Jadual Kapal, JT 160914 :
Konstelasi Aliansi Strategis Akhir Tahun 2014 dan JT 060914 : “MSC” Bakal Salip “Maersk
Line” Di Tahun 2016.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar