Kabar-kabar yang berseliweran belakangan ini, sejak akhir
tahun 2013 lalu adalah rencana merger 2 (dua) pelayaran besar : “Hapag-Lloyd”
(H-L) dan “Compania Sud Americana de Vapores” (CSAV). Kabarnya sudah mendekati
final. Apa iya ?
H-L merupakan pelayaran ke-6 terbesar di dunia, sedangkan
CSAV menduduki ranking ke-20 dunia. Bila keduanya melebur ato sebut saja H-L
mengakuisisi CSAV, akan menciptakan pelayaran ke-4 terbesar di dunia. Ini suatu
prestise bagi pelayaran Jerman maupun Cile.
Walau sumber-sumber resmi kedua pelayaran tersebut
menolak berkomentar namun dari bocoran yang didapat, paling lambat akhir
Januari 2013 targetnya harus sudah oke – demikian menurut kantor berita
Reuters.
Keluarga Luksic, salah satu orang kaya di Cile dan
pemegang saham mayoritas CSAV, rasa-rasanya setuju untuk melepas CSAV dan
memegang saham minoritas di H-L hasil merger, sebagaimana dikonfirmasi media
cetak “Die Welt”.
Isu merger ini muncul sejak Desember 2013 dan dalam
perjalanannya, sempat ingin melibatkan “Hamburg-Sud” (H-S) namun tidak
berhasil. Alhasil H-L tetap ingin melanjutkan misinya. CSAV diakui memiliki
tekanan berat sehingga merugi akibat lesunya pasar dan tekanan sektor harga
uang tambang (ocean freight).
Di bawah kesepakatan yang tengah dinegosiasi, CSAV akan
mengontrol 30 persen saham H-L hasil merger dan 54 kapal CSAV apakah akan
disewakan ato termasuk dalam deal tersebut ato tidak ? Belon ada yang bisa
jawab.
Rujukan sebelumnya ihwal isu merger H-L dan CSAV,
silahkan baca JT 070114 : Versi Drewry, Merger “H-L” + “CSAV” Ideal, JT 020114
: “H-L” Undang “Hamburg-Sud” Diskusi Merger “CSAV”, JT 271213 : Embrio Merger
H-L dan CSAV serta JT 121213 : Isu Merger H-L & CSAV.
Nah, bisakah harapan H-L mewujudkan keinginannya sebelum
akhir bulan januari ini ? Kita ikuti terus ya perkembangannya.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar