Ngapain ditarik kesono ? Jauh amat (ya dilihatnya dari
Indonesia he he he). Tenaaaang. Harus dilihat dulu info sebelumnya. Seperti
dimaklumi, kapal kontainer “MSC Monterey”
(4.870 TEUs) sempat diketahui oleh kru kapalnya mengalami keretakan di
dek utama.
Lebar celah 1,5 meter tersebut, berdasarkan hasil
inspeksi merupakan dampak dari sistem pengelasan yang tidak sempurna
(cacat). Untungnya, kru kapal yang
bertugas jeli sehingga kejadian “MOL Comfort” sesi ke-2 ngga terjadi lagi.
Saat diketemukannya isu tersebut, kapal sedang dalam
pelayaran dari Antwerp, Belgia menuju Boston, Amrik. Setelah dilaporkan ke
owner kapal “Reederei NSB” akhirnya melapor ke kementerian perhubungan Kanada,
DNV GL, asuransi, galangan serta pihak terkait lainnya.
Hasilnya, tetap harus dilakukan perbaikan untuk
menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Tempat perbaikannya ? Di Kanada.
Rencana pengerjaan sekitar 7 (tujuh) hari karena situasi cuaca di Newfoundland,
Kanada sedang tidak menentu (dingin) dan perlu tenaga ahli untuk sistem
pengelasan dengan suhu tertentu.
Kapal kontainer dibangun tahun 2007 oleh “Daewoo Mangalia
Heavy Industries” (DMHI), Rumania, berbendera Liberia ini, dimiliki oleh
“Reederei NSB”, Jerman dan disewakan ke “Mediterranean Shipping Co.” (MSC).
Berita terkait sebelumnya, silahkan baca JT 060114 : “MSC
Monterey” Batalkan Pelayaran – edisi tanggal 6 Januari 2014.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar