CLBK ni yeee. Cinta lama bersemi kembali. Tahun lalu
pernah ada pembicaraan antara “Hapag-Lloyd” (H-L) dengan pihak “Hamburg-Sud”
(H-S) namun kandas ditengah jalan. Kini seolah secercah ada harapan untuk
mencoba kembali usulan sebelumnya.
Setidaknya itu yang coba diupayakan oleh Chairman H-L,
Juergen Weber saat dikonfirmasi oleh harian setempat “Hamburger Abenblatt”,
“bertiga lebih kuat” ! H-S disebut-sebut diundang kembali dalam wacana
pembicaraan merger antara H-L dan CSAV asal Cile ini.
Konsolidasi besar-besaran kini tengah dilakukan sejumlah
pelayaran global. Ada yang mengusung dalam bentuk aliansi strategis maupun yang
terang-terangan untuk merger. Kondisi ekonomi yang memble, serbuan masuknya
kapal baru dan kompetisi yang ketat, menjadi penarik utama ide diatas.
Sebenarnya, penggabungan entitas H-L dengan CSAV bisa
merangsek posisi H-L/CSAV ke posisi ke-4, menggeser posisi Cosco Container Line
dan Evergreen yang saat menduduki peringkat operator kontainer terbesar ke-4
dan ke-5 dunia.
Weber berkeyakinan, bila H-S bergabung dalam merger
tri-partite : H-L, H-S dan CSAV maka akan semakin menguatkan penetrasi pasar
karena H-L dikenal salah satu pemain di east-west trade sedangkan H-S dan CSAV
lebih fokus di north-south trade lane.
Intinya, saling melengkapi. Namun H-L dibebani hutang EUR
2,35 milyar (= USD 3,2 milyar) dan pendapatan selama 9 (sembilan) bulan pertama
membukukan kerugian EUR 56 juta. Makanya tahun lalu sempat mendekati H-S namun
ditolak sang pemilik keluarga Oetker.
Porsi saham kepemilikan H-L saat ini sebagai berikut :
Pemda Kota Hamburg 36,9 %, Klaus Michael Kuehne 28,2 % dan TUI Group 22 % -
demikian menurut catatan kantor berita “Reuters”. H-L sangat ingin menjadi
pemain utama dibelakang Maersk, MSC dan CMA CGM.
Masih perlu waktu karena pembicaraan 3 (tiga) pihak akan
lebih kompleks ketimbang 2 (dua) pihak. Hasilnya seperti apa, yuuuk kita amati
baik-baik dan jangan sampe terlewat he he he.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar