"United Arab Shipping Co." (UASC) lagi jadi
bahan omongan serius belakangan ini, terkait pembangunan armada kapal secara
gede-gedean dan rencana pemanfaatan gas alam cair ato liquified natural gas
(LNG) dalam bentuk padat, sebagai sumber tenaga untuk kapal-kapal terbarunya
nanti.
Teknologi ini disebut "IHI-SPB Tank" dimana
tangki bahan bakarnya dapat menyimpan LNG padat, yang diperlukan untuk
menjalankan mesin berbahan bakar ganda ato hybrid - generasi baru UASC. Raksasa
pelayaran asal Timur Tengah ini, bulan Agustus lalu memastikan order kapal
+14.000 TEUs dan +18.000 TEUs dari Hyundai Heavy Industries (HHI), Korsel.
Galangan kapal Jepang, "Ishikawajima Harima Heavy
Industries" mengembangkan self-supporting prismatic tanks type-B (SPB) LNG
containment system, yang hanya diterapkan pada kapal-kapal tanker LNG sejak
tahun 1990-an.
Sistem ini disebut sebagai "pilihan radikal"
namun diakui bahwa IHI-SPB system mampu menyimpan LNG padat dibawah tekanan
suhu hingga minus 162 derajat Celcius - sehingga menurut media riset
"Alphaliner" - bila jadi, merupakan terobosan baru di industri kapal
kontainer.
Untuk kapal rute jarak dekat (short-sea), sejauh ini
sudah diterapkan dengan menyiapkan stasiun pengisian bahan bakar di terminal-terminal
tertentu. Namun untuk kapal segede lapangan bola super ini, masih harus dipelajari
dan juga apakah biayanya sepadan ? Apakah ada ketentuan yang mengatur
pembatasan polusi dlsb, pasti ada kaitannya.
Dalam laporan tersebut, belum jelas juga apakah
penggunaan LNG padat ini akan digunakan selama perjalanan dari Asia ke Eropa
ato hanya di zona-zona tertentu saja seperti misalnya, saat kapal melintasi
"Sulphur Emission Control Areas" (SECA) ?
Bila pelayaran lain yang berbasis di Eropa ato Asia masih
memikirkan sulitnya pasok LNG padat, gak demikian dengan UASC yang berasal dari
Arab dan memiliki koneksi luas dengan para produsen energi gas di kawasan Timur
Tengah, selain nantinya stasiun pengisian bahan bakar bisa dilakukan di markas UASC.
Bagaimana kelanjutan isu pemanfaatan bahan bakar LNG
padat ini untuk kapal-kapal UASC seri terbaru ? Yuuuuk kita ikuti terus
perkembangannya …
Sumber : SN-TR.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar