Pernyataan tendensius ? Gak juga ‘lah. Hal ini berdasarkan data
+ fakta. Melihat begitu besar ambisi MSC untuk menyalip Maersk
dengan memesan kapal baru maupun secondhand ship, gak menutup
kemungkinan ke arah itu.
Pengamat memperkirakan agresifitas MSC dalam beberapa bulan
terakhir, tepatnya sejak September 2020 begitu banyak kapal secondhand
yang dibeli, perkiraannya di tahun 2022 Maersk akan tersalip MSC dalam
hal kapasitas kapal.
Menurut rumah riset, Alphaliner, perbedaan kapasitas
antara keduanya hanya berjarak 225.000 TEUs. Maersk mengoperasikan 709
kapal dengan total tonase hampir 4.121.964 TEUs sedangkan MSC mengoperasikan
588 unit kapal dengan agregat 3.897.002 TEUs.
Jumlah kapal baru yang dipesan sangatlah jauh berbeda. MSC
setidaknya memiliki pesanan 35 kapal dengan kapasitas total mendekati 660.000
TEUs sedangkan Maersk membuat 16 unit saja, dengan kapasitas total
41.674 TEUs.
MSC sejak lama dikenal membesarkan diri dengan membangun
kekuatan dari dalam (organik), bedanya dengan Maersk yakni pelayaran asal Denmark
ini besar karena mengakuisisi para pesaing utamanya, semisal Sealand (1999),
P&O Nedlloyd (2005) + Hamburg-Sud (2017) – demikian mengutip dari
Alphaliner.
Rujukan sebelumnya, silahkan baca : JT 270421 : MSC
Beli Aset CPP 2 x 9.288 TEUs, JT 260221 : MSC Akan Geser Maersk di Urutan 1, JT
060221 : MSC Siap Salip Maersk ?, JT 180121 : MSC Semakin Dekati Maersk.
Sumber : The Maritime Executive.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar