Data
statistik bisa aja berubah-ubah karena komposisi detil
kepemilikan kapal pun dari satu penyedia informasi data kadang berbeda. Jadi
jika ada klaim siapa yang terbesar dan siapa menggeser siapa, semoga datanya
cukup bisa dipercaya.
Kali ini klo ngomongin siapa sih pelayaran yang terbesar
di dunia sekarang ini, masih Maersk
di posisi pertama dan Mediterranean
Shipping Co. (MSC) di posisi kedua. Lantas yang ke-3 ? Selama kita mengenal
ada CMA CGM Group.
Ternyata berdasarkan data terkini, posisi ke-3 sudah
ditempati oleh Cosco Shipping
(RRCina), sebelumnya ada di ranking ke-4. Kalkulasi ini berdasarkan hitungan
bahwa Cosco melebur dengan China
Shipping Container Lines (CSCL).
Ditambah lagi, beberapa waktu lalu saat Cosco
mengakuisisi induk perusahaan OOCL yakni Orient
Overseas (International) Ltd ato
OOIL. OOCL sendiri masih eksis dan menggunakan bendera Orient Overseas Container Line.
Jaringan yang dikembangkan pun gak tanggung2. Terminal
kontainer serta integrasi program OBOR
(One Belt One Road) pemerintah RRCina di seluruh dunia, membuat gebrakan
Cosco semakin masif dan terpadu. Yang digarap penuh yaitu Piraeus, Yunani.
Hingga akhir 2018, Cosco memiliki kapal kontainer 376 unit berbagai ukuran, total kapasitasnya 2,1 juta TEUs ato menempati ranking
ke-4 dunia tapi nomor 1 di Asia. Cosco mengoperasikan 362 rute internasional + domestik.
Di akhir Maret
2019, total armadanya meningkat menjadi 478 kapal kontainer, dengan agregat kapasitas 2,7 juta TEUs. Dan Cosco masih punya order kapal gede dengan
agregat 159.421 TEUs.
Cosco Shipping Holding menangani 30,6 juta TEUs selama kuartal 1 – 2019 (sekitar 6,67 juta TEUs
merupakan kontrol penuh Cosco sedangkan 23,95 juta TEUs terminal yang
dikerjasamakan bersama investor).
Itu aja gambaran bahwa Cosco sekarang meng-klaim sebagai
penghuni ranking ke-3 opertaor global setelah Maersk + MSC. CMA CGM,
Hapag-Lloyd ato siapapun, jika mo ngelawan yang diatas tadi, butuh kerja luar
biasa tuh he he he.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar