Pelayaran Korea
Selatan, Hyundai Merchant Marine (HMM) bakal ngurangin kapasitas sekitar 28 persen, hitungannya dalam 3 (tiga) bulan kedepan – demikian menurut
media riset yang berbasis di Paris,
Alphaliner.
Antara bulan April
dan Juli 2017, HMM udah mulai mengurangi kapasitas dari 479.000 TEUs ke 344.000 TEUs, dengan menyerahkan armada kapal gedenya kepada mitra
kerja 2M yakni Maersk Line + MSC
serta Zim Line.
Desember 2016
lalu, HMM menandatangani kerjasama operasi dengan anggota aliansi strategis 2M.
Kabar terbaru, 3 x 13.092 TEUs dan 6 x 10.081 TEUs yang selama ini
dioperasikan HMM, akan dikendalikan penuh oleh Maersk dan MSC.
Selain data diatas, HMM juga menyewakan 2 x 8.556 TEUs ke pihak Zim Line serta 1 x 8.556 TEUs lainnya kepada Hamburg-Sud
(H-S). HMM merasa perlu merasionalisasi armadanya karena beban berat operasi
yang harus ditanggung.
Setidaknya, di rute Asia – Eropa (AE) dan Asia –
Amrik, HMM akan membeli slot dari 2M. Bukan tanpa usaha, HMM udah berupaya
masuk aliansi lain namun ditolak sehingga akhirnya pilihan jatuh ke 2M.
Akankah perjalanan restrukturisasi HMM kedepan, bakal
semakin lancer ato justru menghadapi kendala yang belum terpikirkan ? Apalagi
melihat perkembangan terkini, setelah Cosco mencaplok OOCL.
Ikuti terus perkembangannya.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar