Untuk
menyiasati kusutnya perekonomian dunia, banyak pelayaran beraliansi ato jika
punya duit, mengakuisisi skalian biar gak ribez. Hitung2 mengurangi kompetisi
tapi juga memiliki network secara
mudah dari pelayaran yang dibelinya.
Isu
baru mulai mengemuka saat 3 (tiga)
perusahaan pelayaran Jepang yang dikabarin bakal berkongsi satu sama lain
dan ini bakal mengubah lagi peta kekuatan industri pelayaran, yang saat ini
terus berubah mengikuti tren.
Pasti
ada yang keppo, apa lagi sih ? Merger ato akuisisi ? Entahlah apa namanya, yang
pasti MOL, NYK dan “K” Line bakal bersatu padu dalam
sebuah perusahaan kerjasama, setidaknya hingga 01/04/2018 mendatang.
Jangan
banyak berasumsi dulu. Intinya, perusahaan patungan yang akan digagas 3 (tiga)
pelayaran besar Jepang ini bakal dideklarasikan tgl 01/07/17 dengan komposisi kepemilikan NYK (38 %), MOL + “K” Line (masing2 31 %).
Perusahaan
patungan yang blon dikasih nama ini, ini didanai senilai JPY 300 milyar (= USD 2,86 milyar) dan diprediksi bakal
menghasilkan pemasukan JPY 110 milyar per tahunnya. Total armada container yang
disatukan ini nantinya menjadi 1,4 juta
TEUs. Not bad ‘lah.
Bagi
perusahaan mana pun di dunia, gak ada pilihan lain selain memperkuat entitas
melalui kekuatan finansialnya ato skalian aja merger klo udah kepepet. Kini
semua pelayaran besar harus memilih ato terlibas seperti halnya Hanjin Shipping (HJS).
Yuuuk
kita ikuti aja perkembangan lebih lanjut dari trio samurai ini di industri pelayaran global. Waspadai kisruh pemutusan hubungan kerja (PHK) karena disadari ato tidak, merger selalu didorong untuk menciptakan efisiensi, yang ujung2nya pasti ke PHK juga.
Watch Out !
Sumber
: Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar