Setelah sempat terombang-ambing oleh isu akuisisi,
akhirnya jadi juga pelayaran “CMA CGM” membeli short-sea
specialist “Oldenburg-Portugiesische Dampfschiffs-Rhederei” (OPDR) –
demikian menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh pelayaran terbesar ke-3 di
dunia tersebut.
OPDR dimiliki oleh Bernhard Schultze Group, spesialis
angkutan laut jarak pendek dan menyediakan layanan door-to-door di wilayah
Eropa sebelah utara, Kepulauan Kanari (Canary island), semenanjung Iberia
(Iberian Peninsula) dan Maroko.
OPDR memiliki jaringan di 200 titik yang
menghubungkan Eropa, Skandinavia dan Afrika Utara. Bagi CMA CGM, jelas
ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat bisnis utama di sektor pelayaran
Intra-Eropa.
Seperti diketahui, saat ini posisi CMA CGM sebagai
penguasa lautan luas, berada dibelakang Maersk Line dan Mediterannean Shipping Co. (MSC)
namun untuk koneksi feeder service, boleh dibilang pelayaran asal Perancis ini
bisa dibilang terlengkap.
CMA CGM sebelumnya sudah memiliki jaringan feeder ato
pelayaran pelengkap, seperti Delmas, ANL, US Lines, CNC, Comanav dan
MacAndrews.
Selain itu, CMA CGM kini menjadi anggota aliansi strategis “Ocean 3” (O3) bersama UASC dan
CSCL.
Tahun 2014, OPDR berniat mengangkut 240.000 TEUs sedangkan
afiliasi yang juga berada dibawah koordinasi CMA CGM Group yakni MacAndrews
mentargetkan 290.000 TEUs. Keduanya berkolaborasi di rute yang mirip.
Nah, perlu diwaspadai untuk para pemain global lainnya,
strategi CMA CGM di tahun 2015, pastinya dahsyat bingitz nih he he he. Bravo !
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar