Persaingan antar pelayaran global kembali memanas. Belum lama
ini, galangan kapal terbesar di dunia, “Hyundai Heavy Industries” (HHI), Korea
Selatan usai memberkati kapal kontainer terbarunya, yang dipesan oleh “China
Shipping Container Lines” (CSCL).
Boleh jadi, dari sisi kapasitasnya, kapal ini sekarang
menyandang gelar sebagai kapal container terbesar di dunia, mengalahkan seri “Triple-E”
milik Maersk Line yang baru setahun berkibar di industri maritim
terkini.
Kapasitas terbaru kapal CSCL ini 19.000 TEUs, dipesan
bulan Mei 2013 lalu. Kapal ini merupakan yang pertama dari total order
5 (lima) unit. Kabarnya, seri kapal ini bakal ditandem dengan milik “United
Arab Shipping Co.” (UASC) di rute Asia-Eropa (AE) nantinya.
Oh iya, sebagai pembanding, kapal seri Triple-E Maersk
Line memiliki kapasitas 18.270 TEUs dan kini jadi runner-up
lagi deh. Persaingan selalu akan muncul dan setiap perusahaan pelayaran sah-sah
aja mo bikin sensasi seperti apa. Yang penting harus untung.
Kapal terbaru besutan pelayaran RRCina ini dinamai “CSCL
Globe”. Spesifikasi kapal anyar ini setara dengan luas 4 (buah) lapangan sepakbola
standard Piala Dunia, panjangnya 400 meter, lebar
58,6 meter dan kedalaman (draft) 30,5 meter. Yang pertanyaannya
pasti di masalah draft.
Kapal ini – menurut versi pembuatnya nih HHI – dilengkapi
mesin otomatis yang bisa menghemat bahan bakar hingga 20 persen dalam satuan
TEUs. HHI mendisain mesin tersebut untuk kapal kontainer berkapasitas diatas 10.000
TEUs, yang kini jumlahnya mencapai 82 unit.
Galangan kapal pun dituntut bisa melahirkan inovasi agar
operasional kapal lebih praktis dan tepat sasaran. Harap maklum, banyak pasar
yang kini diperebutkan dan banyak kendala di pelabuhan Eropa atas belum siapnya
infrastruktur menampung kapal besar.
Selamat buat CSCL yang sudah meyakinkan membangun kapal
19.000 TEUs. UASC bakal nyusul nih he he he. Congrats.
Sumber : SN-TR.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar