Kapasitas yang dikhawatirkan oleh pelayaran global, mulai
terbukti. Saat mereka membangun kapal –kapal gede bingitz (istilah lain dari
ultra-large
container ship / ULCS), setidaknya para operator pelabuhan sudah
berpikir tentang kapasitas maksimal yang mampu diakomodir.
Asal tahu aja, bagi sebagian pemain global, membangun
kapal gede merupakan prestise dan bisa mendongkrak citra pelayaran
bersangkutan. Harga yang harus ditebus bukan main-main. Milyaran dollar Amrik.
Nek gak kuat-kuat bener, bisa bablas alias bangkrut. Nah,
terkait dengan kemampuan suatu pelabuhan tadi, kabarnya 2 (duo) pelayaran
RRCina yaitu COSCO dan CSCL berniat pindah ke lain hati. Dari
pelabuhan Hamburg ke JadeWeserPort, dekat Wihelmshaven.
Keduanya sepakat untuk “move-on” lantaran problem
kapasitas tadi. Asal tahu aja, JadeWeserPort sahamnya dimiliki 70
persen oleh Eurogate (joint venture antara Eurokai
+ BLG Logistics Group), sisanya dimiliki APM Terminals (APMT).
Kapan ya mereka mau pada pindah ke JadeWeserPort ? Kita
tunggu saja tanggal mainnya ya.
Sumber : SN-TR.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar