Seperti sudah diperkirakan sebelumnya, bahwa tahun ini
pasar akan dibanjiri oleh masuknya kapal kontainer berukuran besar, maksudnya
kelas diatas 10.000 TEUs hingga maksimum 16.000 TEUs seperti CMA
CGM Marco Polo.
Selain Maersk, MSC, Evergreen, UASC dan
sederetan pelayaran global lainnya, APL pun mendapatkan pesanan terbarunya “APL
Paris” yang memiliki kapasitas 10.700 TEUs dan merupakan
kapal ke-5 dari total 6 unit yang dipesan di galangan Daewoo Shipbuilding
& Marine Engineering (DSME).
Order kapal anyar afiliasi raksasa transportasi NOL
Group ini, diwujudkan antara tahun 2007 – 2010 sambil memantau situasi
dan kondisi pelayaran terkini. NOL akhirnya memesan kapal 10 unit, 6 unit
dibangun DSME dan 4 unit HHI.
APL Paris bakal bertugas di Loop 7 Asia – Eropa (AE)
milik aliansi strategis G6 (gabungan dari TNWA dan GA) – demikian dilaporkan
oleh media riset Alphaliner. Seminggu sebelumnya, NOL baru aja
menerima "APL Barcelona".
Kapal terakhir buatan DSME, APL Dublin,
akan diserahkan bulan Desember 2012 mendatang sehingga klop abiiiz. Sedangkan 4
unit kapal buatan Hyundai Heavy Industries (HHI), Korea Selatan,
sudah selesai dikirim antara Desember 2011 – Mei 2012.
Wooow, sekarang tinggal berperang saja di pasar. Jangan
sampe kebanyakan kapal diparkir, khan gak dapet duit, bisa tekor Bro’. Take
care.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar