Program pembangunan kapal
secara masif ditunjukkan oleh Mediterraean Shipping Co. (MSC) sebagai pelayaran
ke-2 terbesar, setelah Maersk Line. Beberapa tahun lalu, MSC mencanangkan
membangun armada baru berkekuatan 26 x 14.000 TEUs atau setara itu.
MSC menyebut kapal berkapasitas
besar dengan Ultra-Large Containership (ULC). Kebetulan kapal yang dibangun
berkisar antara 13.798 TEUs hingga 14.000 TEUs, dan galangan yang dipercaya
yakni Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) dan SHI.
Kapal berkapasitas 14.000
TEUs milik MSC memiliki spesifikasi panjang 366 meter, lebar 51,2 meter (padahal lebar
Terusan Panama hanya 49 meter, artinya kapal ini tdak akan mungkin digunakan
kearah sana). Itu so pasti.
Kapal seri 14.000 TEUs yang
baru saja diterima, MSC Valeria, merupakan kapal ke-18 yang diproduksi DSME
dimana separuh unit lainnya diproduksi oleh galangan Samsung Heavy Industries
(SHI). Ya bagi-bagi rejeki ‘lah.
MSC Valeria bergabung dengan
saudaranya, MSC Deila (dikirim bulan April lalu, lihat foto), melayani rute Dragon Service.
Selain memiliki pesanan ULC, MSC juga melengkapi diri dengan orde kapal 22
neopanamax atau VLC (Very-Large Containership).
Kapal VLC versi MSC
berkapasitas antara 12.500 TEUs hingga 13.000 TEUs dan kedepannya, MSC tengah
bernegosiasi dengan pihak Zodiac Maritime untuk pengadaan (sewa) 6 x 16.000 TEUs namun belum
dijelaskan siapa galangan kapal yang ditunjuk.
Ikuti terus perkembangannya
dan selamat berakhir pekan.
Sumber : SN-TR.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar