Pelayaran lain, sah-sah saja
berkolaborasi untuk menghadang laju pelayaran no. 1 dunia ini. Dengan didukung
niatan manajemen mempertahankan dominasi bahwa Maersk Line merupakan pelayaran
terdepan dan memiliki armada terbesar, ngga diragukan.
Catatan Alphaliner,
pelayaran global lain, termasuk Neptune Orient Lines (NOL) dan Hanjin Shipping
(HJS), dikabarkan merugi besar sehingga ngga bisa bebas berekspansi-ria.
Perkecualian setidaknya ada ditangan Maersk dan MSC.
Armada Maersk meningkat
tajam di tahun 2011, ato naik sekitar 18 %, setara dengan 392.000 TEUs sehingga
tercatat sebagai pemilik pertumbuhan terbesar. Ngga heran juga bila pangsa
pasarnya juga tumbuh dari 14,5 % menjadi 16 % dan itu sangat significant.
Mediterranean Shipping Co.
(MSC) sebagai pelayaran kontainer terbesar ke-2, tumbuh 14 % namun ngga
disebutkan secara jelas jumlah TEUs-nya. Selain 2 (dua) besar ini, pelayaran
lain bisa dibilang kocar-kacir dan cukup miris.
Pemiik perusahaan pelayaran
terbesar didunia, AP Moller-Maersk Group A/S, untuk membuktikan dominasinya di
kancah kompetisi sektor maritim ini, memperkuat diri dengan pesanan 20 unit
kapal berkapasitas mega, 18.000 TEUs.
Pertumbuhan armada kapal
kontainer dunia tahun 2011 diprediksi mencapai 7,9 % menjadi 15,4 juta TEUs.
Dari Top 20 Operator dunia, yang paling terpuruk adalah prestasi CSAV,
kehilangan kapasitas hingga 200.500 TEUs ato 35 % kemampuannya. Sepertiga,
pendeknya.
Di awal tahun 2012 masih
belum kelihatan bentuk-bentuk pembentukan ato pengerucutan kelompok pemain
gobal, setelah diakhir tahun lalu, MSC – CMA CGM, TNWA + G.A membentuk G6 serta
CKYH menggandeng Evergreen dan CSCL.
Siapa mengandeng siapa di
putaran berikutnya ? Akankah CSAV merapat dengan H-L ? Sisa pemain global lain,
seperti UASC, ZIM, WHL, PIL akankah menarik pelayaran dibawahnya supaya
berimbang ato melebur ke salah satu aliansi besar ?
Belum terbaca dengan baik detilnya.
Ikuti terus perkembangannya ya. Watch Out !
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar