Dampak susul menyusul dari
pernyataan Maersk Line dengan kampanye Daily Maersk serta program kemitraan MSC
dan CMA CGM, secara langsung maupun tidak langsung, merubah konstelasi kekuatan
industri pelayaran global.
Kini, sejumlah aliansi strategis
melebur membangun kekuatan digdaya guna mengimbangi satu sama lain supaya ngga
kelibas, utamanya. Sebut saja, Grand Alliance (G.A) bersatu dengan The New World
Alliance (TNWA) membangun aliansi G6.
Lantas, ada lagi CKYH yang
mendekati Evergreen untuk membangun aliansi tanpa nama. Belum lama ini juga,
terdengar santer bahwa Cosco tengah berasyik-masyuk dengan CSCL (China Shipping
Container Lines).
Di rute Asia – Eropa (AE)
inilah sejumlah nama besar bertaruh prestise dan prestasi. Sampai-sampai Cosco
yang nota bene masih anggota CKYH juga menggandeng CSCL dengan melakukan
solt-swap agreement tersendiri. Selingkuh ni ye ?
Kabar-kabar yang beredar
sih, CSCL mo ditarik juga ke kelompok Green Alliance (sebutan lain dari aliansi
CKYH), nantinya selain Evergreen Line juga akan melibatkan CSCL. Kebetulan yang
digarap pun sama, rute AE dan Asia – Med (AM).
Manakah yang benar, kita
ikuti terus dinamika pelayaran global yang tengah mencari jati diri dari
guncangan krisis dewasa ini. Siapa memakan siapa ato siapa melebur dengan siapa
nih ? Akuisisi ato merger ato kemitraan ?
Rujukan info terkait,
silahkan baca : JT 291211 : CKYH Gandeng Evergreen Di Rute AME, JT 211211 :
Aliansi G6 = G.A + TNWA, JT 081211 : CSAV Pilah Biz, Cari Partner Strategis dan
JT 031211 : Kekuatan Lintas Generasi MSC + CMA CGM.
Apalah arti sebuah nama ...
Sumber : STA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar