Pas di penghujung tahun 2011
lalu, pelayaran Korea Selatan, Hyundai Merchant Marine (HMM), berhasil mengamankan
pinjaman sindikasi bank, yang dipimpin DNB Bank ASA (Norwegia). Buat apa sih
pinjem sebanyak itu ?
Kabarnya, HMM bersiap
membangun armada kapal kontainer baru sehubungan dengan perubahan konstelasi
kekuatan industri pelayaran global, saat MSC menggandeng CMA CGM, Evergreen dan
CSCL digadang aliansi CKYH.
HMM sendiri merupakan anggota
aliansi strategis The New World Alliance (TNWA) bersama APL dan MOL. Namun
belakangan tim inipun melebur diri bersama anggota Grand Alliance (G.A) yakni
Hapag-Lloyd (H-L), OOCL dan NYK, membangun aliansi G6.
Berhubung hampir semua
anggota G6 sudah memiliki (minimal memesan kapal gede diatas 10.000 TEUs) maka
untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan terkini, HMM memesan 5 x 13.100
TEUs untuk masa pengiriman tahun 2014.
Sebelumnya, HMM pun sudah
mengorder 5 unit kapal sejenis untuk masa pengiriman di tahun 2012 ini.
Pinjaman USD 500 juta akan dipergunakan sebagai pembiayaan konstruksi kapal
diatas atau sekitar 80 % total biaya.
Sisanya diambilkan dari
kantung perusahaan dan pinjaman ini didanai bersama oleh : DNB Bank, ABN AMRO,
Credit Agricole, Korea Finance Corporation dan Korea Development Bank (KDB), demikian
laporan media American Shipper.
Info terkait pergeseran
konstelasi aliansi strategis pelayaran global hingga saat ini, baca JT 040112 :
COSCO & CSCL Perluas Slot-Swap Agreement, JT 291211 : CKYH Gandeng
Evergreen Di Rute AME, JT 211211 : Aliansi G6 = G.A + TNWA, JT 081211 : CSAV
Pilah Biz, Cari Partner Strategis dan JT 031211 : Kekuatan Lintas Generasi MSC
+ CMA CGM.
Sementara info terkait perkembangan
internal HMM, silahkan baca : JT 180811 : HMM order Kapal 5 x 13.100 TEUs,
JT130811 : HMM OrderKapal 13.00 TEUs dan JT 100811 : MCC Perkuat IA, HMM
Rontok.
Congrats.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar