Nama ini kerap disandingkan dengan
nama besar di industri pelayaran sebelumnya. Jika galangan kapalnya diberi nama
Hanjin Heavy Industries &
Construction (HHIC Phil) sedangkan nama pelayarannya saat itu, Hanjin Shipping (HJS).
Sama2 menyandang nama Hanjin, untungnya
HHIC gak termasuk yang dipailitkan ato terdampak dengan isu HJS sehingga masih
bisa eksis hingga saat ini, bahkan berkiprah jauh dari negerinya sendiri, yakni
di Filipina.
Blon lama ini, HHIC-Phil berhasil
menggelontorkan kapal kontainer terbaru dan terbesar dari Galangan Kapal Redondo di Subic Bay, untuk perusahaan pelayaran Perancis, CMA CGM.
Menurut Ketua Subic Bay Metropolitan Authority (SBMA), Wisma Eisma, kapal
ini merupakan yang pertama di dunia yang memiliki kapasitas segede ini yakni 20.600 TEUs – melebihi rekor2
sebelumnya, demikian catatan Manila Bulletin.
Kapal ini menjadi kapal terbesar
saat ini, dengan spesifikasi panjang 400
meter, lebar 59 meter dan tinggi 33
meter. HHIC-Phil mendapat pesanan 3
(tiga) unit kapal ultra large vessel
(ULC) ini, dari CMA CGM.
HHIC-Phil saat gak cuma mgebangun
kapal kontainer tetapi sudah merambah ke kapal tempur serang dan unit penjaga
pantai, disamping kapal2 tanker.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar