Konstelasi
aliansi strategis antar-pelayaran
global bakal mengalami perubahan besar dalam beberapa waktu ke depan. Seperti
apa perubahannya dan se-ekstrim apa pergantian dan penambahan anggotanya ?
Simak catatan terakhir yang sempat kami lacak.
CMA CGM, Cosco, Evergreen dan OOCL kabarnya sepakat membentuk Ocean Alliance untuk menandingi rival terbesar yaitu 2M (Maersk Line dan MSC). Maersk merupakan perusahaan pelayaran di ranking 1 sedangkan MSC pelayaran
terbesar ke-2 di dunia.
Seperti
kehadiran aliansi strategis sebelumnya, mereka ingin menyajikan servis yang terpadu
di Asia Eropa (AE), Asia Med (AM), Asia
Red Sea (ARS), Asia Middle East (AME), Trans Pasifik (TP), Asia Amrik Pantai
Timur (AA ?) dan Trans Atlantik (TA)
Perjanjian
tersebut menjadi tonggak sejarah Ocean Alliane (OA) dimana kedepannya aliansi
lain seperti G6, CKYHE dan Ocean 3 (O3) harus berpikir keras melebur diri ato
nyari kongsian anyar supaya tetep bisa eksis.
Komposisi
gabungan ini bakal ngelibatin 40 servis
global dengan tujuan Amrik dan Eropa. Semuanya bisa maujud klo otoritas
terkait memberikan persetujuan dan rencana bakal beroperasi sekitar bulan April 2017. WOOOOW !
Masa
kerjasama aliansi ini diprediksi 5 (lima) tahun. Perkembangan munculnya OA
adalah setelah terjadinya merger antara Cosco
Container Lines dan China Shipping
Container Lines ((CSCL) menjadi entitas baru, China Shipping Cosco Group.
Selain
fenomena diatas, CMA CGM juga punya gawe mengakuisisi APL – afiliasi NOL Group.
Padahal APL juga merupakan anggota aliansi G6 dan Cosco anggota CKYHE serta
CSCL anggota O3 – bersama CMA CGM.
Kabarnya,
para petinggi OA udah ngedeketin otoritas paling berpengaruh di Amrik (FMC), Uni Eropa dan Tiongkok. Pangsa pasar OA kalo jadian
nih, totalnya sekitar 26 persen dan
kayak2nya bisa disetujuin.
Sebelumnya
otoritas terkait menetapkan, sebuah aliansi strategis bisa disetujui bila
pangsa pasarnya dibawah 35 persen.
Kejadian penolakan pernah terjadi saat 3 pelayaran besar yaitu Maersk, MSC dan CMA CGM mengusulkan nama P3-network
namun akhirnya batal.
Maersk
Line dan MSC tetap lanjut dengan program aliansi 2M sedangkan CMA CGM akhirnya
menarik CSCL dan UASC. Lantas bagaimana program aliansi
sisanya ? Itulah yang akan menjadi fenomena menarik menjelang akhir tahun 2016.
Kejadian2
waaah, biasanya terjadi menjelang akhir tahun makanya kita sih cenderung nunggu
perkembangan 3 (tiga) bulan kedepan.
Akan ada apalagi ya ? Akankah anggota aliansi saat ini yang tergabung dalam G6,
O3 dan CKYHE bergabung jadi satu ato pisah2 cari jodoh lagi ?
Wait
and see ya.
Sumber
: Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar