Berikut ini, kami laporkan pengiriman kapal baru di
minggu ke-44 (27/10-02/11/13) dan semoga informasi ini bermanfaat sambil
menemani istirahat akhir pekan Anda, bahkan yang paling sadis sembari
memanfaatkan harpitnas alias hari kejepit nasional walau kabarnya gak ada
pengumuman hari Senin 04/11 libur.
Ahh terserah deh, yang penting informasi tetap aja
mengalir apa adanya. Setidaknya ada 2 (dua) kapal baru masuk jajaran armada
pelayaran besar, yakni : "Seamaster" (1.756 TEUs) dan "Ever
Linking" (9.200 TEUs) sementara 2 (dua) info lainnya mengabarkan rencana
pemesanan pelayaran tertentu akan jumlah kebutuhan kapal tambahan dan
pengenalan teknologi baru LNG.
Berita pertama. Non-operating owner (NOO) Yunani,
"Eastern Mediterranean Maritime" (EMM) baru aja mendapatkan kapal
"Seamaster" (1.756 TEUs) dan merupakan kapal ke-3 yang dibuat
"SPP Shipbuilding Company" Korea dan yang terakhir di kelas
wide-beam.
Disain terbaru kapal compact wide-beam
"Bangkokmax", memiliki panjang 170 meter, lebar 29,80 meter serta draft
9,50 meter. Kapal ini cocok untuk rute Intra-Asia. Kapal Seamaster bakal
menggantikan "Captain Kattelman" (1.440 TEUs) yang disewa
"Golden Sea Shipping" (GSS) - afiliasi "China Shipping
Group" (CSG). Sistership Seamaster lainnya : "Tzini" dan
"San Giorgio".
Seamaster bakal ditempatkan oleh GSS di rute Malaysia -
Thailand - Vietnam dimana GSS bekerjasama dengan "Gold Star Line"
(GSL), dengan rotasi : Port Kelang - Bangkok - Laem Chabang - Ho Chi Minh City.
Waktu tempuh satu voyage di rute ini 21 hari dengan armada 3 unit kapal.
Berita ke-2, "Evergreen Group" menerima kapal
"Ever Linking" (9.200 TEUs) dan kapal ini merupakan yang ke-16 dari
total 30 unit yang diklasifikasikan "L-class". Kapal ini dibuat di
CSBC Kaohsiung, Taiwan.
"Evergreen" memesan 30 unit dengan komposisi 20
unit dibuat di "Samsung Heavy Industries" (SHI) dan 10 unit CSBC
Kaohsiung. Ever Linking menyusul kakaknya "Ever Living" buatan CSBC
yang pertama dan rencananya bakal dioperasikan Asia I Eropa (AE) tapi Evergreen
menamainya "CES".
Bagi Evergreen, kapal tipe L-class merupakan yang
terbesar yang dimiliki tetapi kapal terbesar yang dioperasikan yakni
"Thalassa Hellas" (13.900 TEUs) dan Evergreen menggandeng NOO Enesel
Yunani untuk mendukung program ekspansi diatas kapasitas 10.000 TEUs. Enesel
memesan 10 unit ultra-large containership (ULCS) untuk Evergreen.
Sebenarnya, Evergreen cukup konservatif dan agak kurang
dengan konsep ULCS. Di tahun 2010/2011 Evergreen mendobrak tradisi prihatin
dengan memesan 30 unit L-class tadi dan menyewa kapal ULCS +13.900 TEUs dari
Enesel. Begitulah kronologisnya.
Sementara itu, isu "Brodosplit" yang membangun
2 (dua) unit kapal kontainer bertenaga LNG serta CCNI / NSC yang menambah 1
(satu) unit kapal gede alias kapal ke-5, yang dipesan di galangan "Hanjin Subic
Filipina". Rujukannya, silahkan baca JT 281013 : "Brodosplit" Terima Order Dua Kontainer LNG dan JT "CCNI" + "NSC" Order Kapal 9.030 TEUs Di Filipina.
Selamat berakhir pekan.
Sumber : LV.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar