Kalau ditanya pelayaran mana
yang ingin mencemari lingkungan dimana dia mengais rejeki disitu, mustahil ada
yang menjawab “YA”. Kecelakaan yang disebabkan faktor alam, lebih sulit diduga
dan diselamatkan.
Di industri pelayaran, itu
disebut sebagai “force majors”. Tapi kalau memang sudah musibah, ya tetap saja
musibah dan harus ditangani dengan baik agar tidak mencemari lingkungan,
terutama tumpahan minyak dan sisa pecahan atau isi kontainer yang terbuka.
Setelah pihak operator dan
owner, dalam hal ini MSC dan Costamare, melakukan tindakan antisipatif selama
hampir 6 (enam) bulan sejak kejadian, bangkai kapal kontainer 3.300 TEUs
mendapat perhatian serius ahli lingkungan hidup.
Menurut mereka, bencana
kandasnya kapal kontainer Rena di tanggal 05/10/2011 dan akhirnya terbelahnya
dua hingga tenggelam, menjadi warisan bencana lingkungan terburuk sepanjang
sejarah negeri Kiwi alias New Zealand (NZ) ini.
Rentetan foto berikut ini
menggambarkan kondisi utuh hingga remuknya Rena. Pinjaman koleksi foto dari berbagai
sumber : MNZ, Reuter, AFP dan berbagai foto pribadi lainnya. Tujuannnya bukan
untuk komersil koq, cuma saling bertukar info.
Informasi terkait, cek JT
250312 : Tim Penyelamat RENA Di Uji Cuaca Buruk, JT 140212 : Prihatin Kondisi
Kontainer Ex Kapal Rena, JT 210112 : Pertama Kali, Penyelam Masuk Pecahan Rena dan
JT 120112 : Drama Kapal Rena Di Selandia Baru.
Sebelumnya, JT 110112 :
Buritan Kapal Rena Rusak, JT 030112 : Kapal Rena Akhirnya Terbelah Dua, JT
191211 : Regu Penyelamat Rena Diganggu Badai, JT 141211 : Cuaca Buruk Hambat
Evakuasi Rena dan JT 051211 : Biaya Penyelematan Rena > MSC Napoli.
Selanjutnya di JT 241111 :
Evakuasi Rena Terkendala Cuaca Buruk, JT 231111 : Cafer Dede dan Rena Lakukan
Evakuasi Kontainer, JT 071111 : Drama Rena – Kontainer Siap Dievakuasi, JT 031111 : MSC Dibayangi Klaim Rena dan JT
281011 : Update - Minyak Rena Mulai Dipompa.
Info sebelumnya, JT 191011 :
MNZ – Kapal Rena Ngga Pecah Koq, JT 171011 : Minyak Rena Dekati Pantai NZ, JT
151011 : Costamare Minta Maaf Atas Insiden Rena, JT 121011 : Akhirnya, Master
Kapal Rena Ditahan, JT 111011 : MNZ Minimalisir Dampak Rena dan JT 091011 :
Kapal Kontainer Rena Kandas di NZ.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar