Ini tanda tanya gede bagi
pengamat, tetapi bukan omong sembarang omong bila sang runner-up akan menyalip
sang juara dan bertukar posisi di tahun-tahun mendatang. Hitungannya gak lama
lagi, berdasarkan data yang ada.
Target MSC tergolong waaah
banget karena di akhir Maret 2012 nanti, 4 loops yang ada di Asia – Eropa (AE) dan
Asia – Med (AM) atau kombinasinya akan dipasang kapal segede ini – demikian menurut
laporan Alphaliner.
Bahkan kabar yang beredar
menyebutkan, kapal 11.500 TEUs nantinya akan ditukar dengan kapal 12.500 TEUs di
rute andalan AE dan AM atau AE/M. Bila dibandingkan secara kapal, Maersk
memiliki 21 kapal diatas 11.500 TEUs sedangkan MSC sudah mengoleksi 43 unit
diukuran yang sama.
Hingga akhir 2012,
kepemilikan kapal berkapasitas 11.500 hingga 14.000 TEUs di armada MSC menjadi
52 unit dan bila dirata-rata diatas 12.500 TEUs. Aje gile, maut bener. Ini baru
di tahun 2012 aja loh, belum yang kesononya he he he.
Maersk baru akan mendapat
seri triple-E class di awal tahun 2013. Sebagian pengamat memperhitungkan MSC
sudah mencuri start untuk berkompetisi dengan sang jawara. Jangan heran juga,
MSC kabarnya bakal kelebihan 13 kapal gede di akhir 2012 dan belum tahu rencana
penempatannya.
Secara tidak langsung,
penambahan armada gede-gedean ini akan mendongkrak agregat porsi MSC dari 15,5
% menjadi 17,5 %. Bila mengikuti skenario diatas, porsi Maersk yang semula 23,6
% bakal turun menjadi 21 %. Semakin deket aja dunk ...
Whatever will be, will be
‘lah ... Kompetisi tak mungkin dihindari lagi. Watch out.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar