Walau sudah tenggelam dan
meninggalkan sejarah kapal pecah 2x di waktu yang berbeda, pelayaran
Mediterranean Shipping Co. (MSC) merasa memiliki tanggung jawab menyelamatkan
barang yang sekiranya bisa diselamatkan.
Memang pasti rusak namun
setidaknya bila terkait dengan pihak asuransi, harus ada bekasnya sehingga bisa
betul-betul bisa diganti nilai pertanggungannya. Atau ada alasan lain, ya
entahlah. Buktinya sampe sekarang masih terus diupayakan tindakan penyelamatan.
Kapal kontainer ini dimiliki
Costamare Inc. dan disewakan ke MSC untuk dipasang di rute Australia namun
mengalami nasib tragis saat melintas Astrolobe Reef serta dinyatakan kandas
sejak tgl 05/10/2011 hingga kandas mid Januari 2012 lalu.
Kapal kontainer berkapasitas
3.300 TEUs menyisakan sejumlah besar kontainer yang ikut tenggelam, bersamaan
dengan terpecahnya kapal menjadi 2 bagian akibat hantaman ombak keras selama
berbulan-bulan.
Perkiraan otoritas terkait,
Maritime New Zealand (MNZ), menyebutkan ada sekitar 250 kontainer dibawah sana
(below deck). MNZ menambahkan akibat kerusakan yang dialami kapal maupun
kontainer sehingga sulit didapat angka akurat.
Kontraktor penyelamat
kontainer, Braemer Howells, telah menerima 491 kontainer dari kapal Rena dan
mengangkat 70 kontainer lebih yang terapung, terdampar di pantai maupun
tenggelam di laut sekitar. 17 lainnya terdeteksi. Jadi yang tercatat 578
kontainer.
Saat kapal Rena kandas awal
Oktober tahun lalu, ada 1.368 kontainer termuat diatas kapal dengan kombinasi
kontainer 20’ dan 40’. Masih banyak yang terhampar didasar laut dan apakah
masih akan diangkat semua ? Entahlah.
Rujukan sebelumnya JT 210112
: Pertama Kali, Penyelam Masuk Pecahan Rena, JT 120112 : Drama Kapal Rena Di
Selandia Baru, JT 110112 : Buritan Kapal Rena Rusak, JT 030112 : Kapal Rena
Akhirnya Terbelah Dua, JT 191211 : Regu Penyelamat Rena Diganggu Badai, JT
141211 : Cuaca Buruk Hambat Evakuasi Rena dan JT 051211 : Biaya Penyelematan
Rena > MSC Napoli.
Selanjutnya baca di JT
241111 : Evakuasi Rena Terkendala Cuaca Buruk, JT 231111 : Cafer Dede dan Rena
Lakukan Evakuasi Kontainer, JT 071111 : Drama Rena – Kontainer Siap
Dievakuasi, JT 031111 : MSC Dibayangi
Klaim Rena dan JT 281011 : Update - Minyak Rena Mulai Dipompa.
Info sebelumnya, JT 191011 :
MNZ – Kapal Rena Ngga Pecah Koq, JT 171011 : Minyak Rena Dekati Pantai NZ, JT
151011 : Costamare Minta Maaf Atas Insiden Rena, JT 121011 : Akhirnya, Master
Kapal Rena Ditahan, JT 111011 : MNZ Minimalisir Dampak Rena dan JT 091011 :
Kapal Kontainer Rena Kandas di NZ.
Ikuti terus perkembangannya
hingga tuntas. Jangan bosen karena inilah kronologis kejadiannya, supaya tahu
Bro’.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar