Cosco Shipping –
pelayaran asal Tiongkok yang kini
menjadi pemilik pelayaran OOCL juga –
berencana ngejual terminal kontainer di Long
Beach, Amrik milik OOCL sebelumnya.
Penjualan aset ini terkait regulasi
yang ada di Amrik dan sepertinya mengacu kepada isu kepentingan nasional, sehingga walaupun Cosco membutuhkan perangkat
ini tapi setelah ditimbang matang, pilih untuk dilepas aja.
Kejual ato ngga, bukan masalah saat
ini bagi Cosco Shipping tetapi klo ngeliat thruput segede itu, siapa juga yang
mo beli dan harga yang ditawarkan pastinya pake hitungan komersil lah.
Volume terminal Long Beach ex OOCL
ini, setiap tahunnya rata2 menangani 7
juta TEUs dan Cosco memilih OOCL untuk diakuisisi karena memang mitra dalam
aliansi Ocean Alliance, disamping
OOCL diakui memiliki teknologi
artificial intelligence (AI) yang dibutuhkan oleh pelayaran no 3 terbesar,
setelah dilebur.
Sejumlah pelayaran besar sudah
memiliki saham keterminalan, semisal MSC
di Pier T, “K” Line di Pier G dan Cosco di Pier J serta OOCL di Pier F, artinya Cosco gak mo punya
banyak2, lha wong udah punya.
Lantas siapa kira2 yang butuh
terminal kontainer disini nih ? Kabar terkuat sih menilik kemampuan keuangan
yakni anggota aliansi strategis 2M,
Maersk Line. Tapi MSC udah punya loh di Pier T. Gak masalah ?
Biar mereka yang berpikir, kita
cukup mengintip perkembangan yang ada deh. Piiiis.
Sumber : Dari Sana-sini / Foto : OOCL.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar