Pelayaran Korea Selatan ini tengah menjadi buah bibir dimana-mana. Selain
dalam keanggotaan aliansi strategis 2M maupun
diantara sesama pelayaran global yang menyimak terus pergerakan Hyundai Merchant Marine (HMM) maupun SM Lines.
Ada pun yang menjadi topik adalah
wacana HMM yang akan mengoperasikan kapal kecil di rute Asia – Eropa (AE) serta gebrakan membangun kapal besar diatas 20.000 TEUs hingga pembelian kontainer anyar dalam jumlah
besar.
Wooow dapat warisan dari mana tuh ?
Sebagian besar pengamat pun bingung. Ini duitnya ngalir darimana aja ya ? Seperti
dimaklumi, HMM siap membangun armada
kapal moderen dengan kapasitas menggiurkan. Koq bisa ?
Jangan tanya bisa ato ngga, jika
sudah siap memanggil vendor galangan
kapal besar (shipyards) itu artinya serius. Ada nama2 besar seperti Hyundai Heavy Industries Co, Samsung Heavy
Industries Co dan Daewoo
Shipbuilding & Marine Engineering Co. (DSME).
HMM sudah mengirimkan request for proposal (RFP) kepada 3 (tiga)
galangan diatas, untuk membangun 12 x
20.000 TEUs + 8x14.000 TEUs
eco-friendly containerships.
Total dana yang dibelanjakan untuk
membangun kapal2 diatas sekitar KRW 3
trilyun ato setara USD 2,81 milyar.
Keputusan terakhir pemilihan shipbuilder mana yang dipilih, akan ditetapkan
bulan Juni mendatang – demikian sesuai info dari kantor berita Korea Selatan,Yonhap.
HMM saat ini memiliki armada kapal
dengan agregat 342.613 TEUs, terdiri
dari 12 kapal milik (owned) setara
107.419 TEUs dan 53 kapal sewa
(charter) setara 235.194 TEUs dan 2 kapal yang tengah dipesan dengan
kapasitas 11.000 TEUs.
Menurut catatan media riset
Alphaliner, selain data diatas, HMM juga menyewakan kapal sewa yang setara
dengan 100.000 TEUs kepada mitra
aliansi 2M yakni Maersk Line + MSC.
Gimana2nya urusan merekalah.
Terakhir, ngomong2 masalah asal dana
HMM darimana. Rupanya pemerintah Korea Selatan tengah menggodok institusi baru
yang bernama Korea Ocean Business Corp. (KOBC).
Yang baru akan diresmikan Juli
mendatang.
KOBC inilah yang akan mendanai
pembangunan armada kapal HMM hampir 90
persen sedangkan sisa 10 persen
diambilkan dari modal sendiri. Maksudnya dari kantong HMM. Gitu. Jelas khan ?
Semoga bermanfaat.
Sumber : Dari Sana-sini.
Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower chiller dan waste water treatment,STP oli industri defoamer anti busa ,anti kerak dll.untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
BalasHapusWA=081310849918
Terima kasih