Dampak beruntun yang ditimbulkan
akibat kobaran api di kapal kontainer Maersk
Honam, pihak pelayaran yang mengoperasikan kapal terbanyak ini
mengantisipasi jadual pelayaran agar
gak terlalu berdampak negatif.
Pihak Maersk Line langsung menyiapkan alternatif untuk menggantikan
shipment dari Eropa, yang semula akan dinaikkan ke kapal Maersk Honam. Namun
malang tak dapat ditolak, Maersk Honam mengalami kebakaran hebat tgl 06/03
lalu di dekat pelabuhan Salalah, Oman.
Kapal Maersk Honam dioperasikan di
servis AE11 Jade loop aliansi
strategis 2M (Maersk Line + MSC)
dimana HMM ikut serta sebagai
filler. Rute AE11 : Qingdao – Busan – Ningbo – Xiamen – Nansha – Yantian – Singapura –
Malta – Barcelona – Valencia - La Spezia - Gioia Tauro - Port Said - King
Abdullah City – Dubai – Singapura – Shekou – Xiamen - Qingdao.
Total armada kapal di AE11 ada 11 unit, kapasitasnya bervariasi mulai 13.000 TEUs
hingga 15.900 TEUs. Pihak Maersk memperkirakan Maersk Honam akan
tiba di Eropa 2 (dua) minggu setelah
semua urusan selesai.
Dalam program pertolongan dan
pencarian korban hilang, sejumlah kapal Maersk diperbantukan ikut serta, namun
pihak Maersk Line juga gak ingin merusak jadual secara keseluruhan dan
menawarkan alternatif.
Hingga saat ini pihak Maersk Line
menolak berkomentar terkait sebab2 terjadinya kebakaran namun menyampaikan,
akibat mis-deklarasi dapat
menyebabkan kerusakan fatal, khususnya untuk kategori barang berbahaya.
Maersk telah menunjuk spesialis penanganan
bencana seperti ini ke pihak Smith
Salvage + Ardent. Semoga bisa cepat padam dan kapal bisa segera diperbaiki
setelah barang dibongkar.
Info sebelumnya, silahkan baca JT
130318 : Update 2 – Api Maersk Honam Bisa Dikendalikan, JT 090318 : Update 1 –
Maersk Honam, JT 070318 : Kapal Maersk
Honam Alami Kebakaran dan JT 040318 : Maersk Shanghai Dihantam Cuaca
Buruk.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar