Sepertinya,
bagi industri pelayaran, khususnya yang berskala global, kalo dah mo gede ya
gede sekalian aja, jangan nanggung2. Gitu. Makanya di benak mereka ini sekarang
terbersit membuat mega aliansi, yang embrionya muncul sejak 10 tahun lalu.
Kelahiran
aliansi strategis berskala besar, seperti The
Grand Alliance (G.A), The New World Alliance (TNWA), CKYH – waktu itu blon
ada Evergreen-nya, kini menjelma
menjadi mega-aliansi seperti 2M, Ocean 3
(O2), CKYHE dan G6.
Nah
kekuatan 2M kabarnya sulit ditandingi. Namun dengan adanya gebrakan di akhir
tahun 2015 yakni merger antara 2 (dua)
pelayaran Tiongkok, COSCO + CSCL
serta CMA CGM membeli APL maka konstelasi mega aliansi akan
mengalami pergeseran.
Dunia
tengah menantikan apa yang akan terjadi di industri pelayaran global. Kabarnya
dengan meleburnya COSCO + CSCL + CMA CGM
+ APL ibarat empat pelayaran bergabung bersama dan cukup powerful.
Ditambah
lagi – menurut analisis media riset Alphaliner – mereka bakal mengajak serta
pelayaran Hong Kong yaitu OOCL dan
pelayaran asal Taiwan yang juga belakangan ini secara spekatkuler membangun
armadanya gede-gedean, Evergreen.
Nah,
dengan kawalan 6 (enam) pelayaran raksasa diharapkan sepak terjang duo besar
yakni 2M yang dimotori Maersk Line dan MSC bakal memiliki lawan sepadan di hampir semua rute. Blon
dihitung sih berapa jumlah armada gabungan diatas.
Edia
RRCina yakni Daily China menyebutkan kombinasi pelayaran tersebut diatas
sekitar 3 juta TEUs. Seorang professor di Shanghai Maritime University, Dong
Liwan menyebutkan komposisi 4 (empat) aliansi strategis saat ini didominasi 2M,
O3, CKYHE dan G6.
Gak
salah klo itu sih prof. Justru yang menarik setelah terjadi perubahan
konstelasi kedepannya. Saat ini COSCO tergabung di CKYHE, CSCL ikutan di O3
bersama CMA CGM, sedangkan APL merupakan anggota aliansi G6.
Intinya
memang, jika perwujudan diatas tengah digodok dikawah candradimuka, jangan
heran dan jangan cemas, bakal ada kejuatn besar dan besar sekali. Blon kebayang
aja karena bisa terjadi dengan segambreng opsi. Klo ini sama itu, klo itu sama
ini dst. Pokoé tooop wes.
Industri
tengah menghadapi masa-masa menegangkan dan karenanya pengamat sedang menunggu
dan menunggu. Perkiraan kita sih sebagai pengamat amatiran bakalan ada kongsi
seperti ini nih :
Opsi
1 : China Cosco Shipping (merger
antara Cosco + CSCL), CMA CGM + OOCL berada disatu grup
sedangkan Evergreen menetap di CKYHE edisi anyar – katakanlah namanya
jadi UKYHE – karena UASC yang terhempas dari O3 bakal cari temen buat balas dendam
he 3x.
Opsi
2 : CMA CGM yang menggandeng China Cosco Shipping, bakal menarik OOCL dan Evergreen sehingga komposisi ex CKYHE akan melebur dengan G6 jadi
apalah namanya gitu. Tapi “K” Line, Yang Ming (YML), Hanjin Shipping (HJS)
pasti gak tinggal diam klo Cosco dan Evergreen cabut juga.
Konsekuensi
pecahan daro O3, G6 dan CKYHE bisa jadi melebur menjadi dimana “K” Line, YML, HJS, NYK, MOL, HMM sedangkan
Hapag-Lloyd (H-L) masih galau,
apakah mo bikin aliansi baru ato mo pilih opsi lain, yakni akuisisi satu
pelayaran lain. Siapa tahu ?
Alasannya,
H-L merupakan satu2nya pelayaran Eropa yang ngegabung di grup Asian Carriers
jadi permasalahan budaya biasanya yang akan menjadi batu sandungan. Klo itu gak
dirasa banget, boleh jadi H-L ikut serta nih.
Opsi
3 : CMA CGM beraliansi dengan China Cosco Shipping doank sedangkan UASC bakal menjadi daya tarik aliansi
lain untuk menarik kekuatan armada barunya. Artinya UASC bisa ditarik ex
anggota G6 (lama) menjadi MOL, HMM, NYK,
OOCL, H-L dan UASC (menggantikan
APL).
Opsi
4 : CMA CGM, China Cosco Shipping dan UASC karena ketiganya merupakan
anggota aliansi O3. Kekuatannya
bertambah secara gak langsung karena O3 tadinya beranggotakan CMA CGM, UASC dan CSCL, kini bertambah dengan Cosco
dan APL.
Aliansi
lain CKYHE (dikurangi Cosco) dan G6 (minus APL) melebur menjadi satu.
Mungkinkah ? Di industri manapun segala sesuatu bisa terjadi. Mana yang lebih
efisien dan ada taruhan politis apa, cuma mereka yang tahu.
Yuuuk
kita simak, opsi mana ya yang paling mungkin gampang terwujud. Sori loh ya,
opsi2 diatas cuma rekaan editor berdasarkan info yang dimiliki. Jangan dijadiin
acuan klo gak yakin. Cukup di batas kita tahu aja. Bravo !
Sumber
: Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar