Perjuangan tanpa henti dan
tak kenal lelah ditunjukkan oleh Hainan P.O Shipping (H-POS), berkenaan dengan
niatan membuka kembali rute RRCina – Amrik. Servis ini sempat dihentikan sejak
Desember 2011 lalu.
H-POS berniat membuka
kembali rute Trans Pasifik (TP) sekitar akhir Juni 2012 dan akan menawarkan
waktu tempuh 1 perjalanan setiap 35 hari, dengan memanfaatkan servis Intra-Asia
(IA) CSV2 yang diperpanjang masuk Long Beach.
Saat ini, servis IA CSV2
menggunakan 4 kapal dengan rata-rata 1.700-1.800 TEUs dan kapal ke-5 disiapkan
dengan kemampuan 2.800 TEUs. Nah kapal ke-5 inilah yang di-set masuk Amrik – demikian
penjelasan dari pihak Alphaliner.
Kapal H-POS terakhir yang
melayani rute diatas adalah Hugo Schulte, TD SHA 23/01 dan setelah itu digeser
ke HPOS-TSL di rute China Australia Express (CAX). Loop TP ini berbeda dengan
loop sebelumnya, dengan berbagai modifikasi.
Kapal pertama dijadualkan
ETD Ho Chi Minh 10/06 dengan kapal Sicilia (1.795 TEUs) dengan pola rotasi Ho
Chi Minh City (Cat Lai) - Laem Chabang – Yangpu - Hong Kong – Yantian – Xiamen
– Ningbo – Shanghai - Long Beach - Xingang selanjutnya disambung CSV 2 : Dalian
– Incheon – Qingdao – Shanghai – Ningbo - Hong Kong – Yangpu - Ho Chi Minh
City.
Awalnya, H-POS berniat
membangun armada 3.500 TEUs di TP namun karena kondisi pasar ngga memungkinkan,
jadi bergeraklah dengan kapal-kapal yang ada dulu. Congrats dan merupakan
terobosan berani disaat pasar Amrik masih belum pulih.
H-POS bermitra dengan TS
Lines (TSL) membangun 3 loops di TP di bulan Mei 2011, menggantikan single loop
yang dimiliki masing-masing. H-POS masuk TP bulan Agustus 2101 sementara TSL
menyusul di bulan November 2010.
TSL akhirnya cabut dari
pasar TP di bulan Desember 2011 saat kemitraan dengan H-POS berakhir. Dalam
skema servis TP baru, TSL ngga berminat masuk dulu pasar Amrik. Lihat sikon
dulu aja. Gitu.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar