Setelah kemarin, Horizon
Lines yang diindikasi mengalami kerugian besar dan tambah besar, dibanding
periode sama tahun lalu, maka kini CSAV masuk daftar pelayaran yang tingkat
kerugiannya membengkak.
Luka bengkak bila tidak
diobati dengan baik bisa berakibat merusak organ tubuh lain. Demikian juga,
industri pelayaran saat ini, bila tidak bergegas membuat terobosan atau
gebrakan, bisa semakin terpuruk.
Pasalnya, yang mengalami
kerugian sifatnya masal sehingga rujukan berkolaborasi atau akusisi serta
merger, muncul kembali. Aliansi strategis yang muncul di era 2012 malah
membentuk citra baru kreasi kekuatan pelayaran global.
Kembali dulu ke isu,
pelayaran Cile yang tengah bermasalah dengan isu finansial, CSAV. Kabarnya
pelayaran ke-20 terbesar didunia ini, selama kuartal 1 (Jan-Mar) 2012 mengalami
kerugian alias net loss USD 202,9 juta (bandingkan dengan kerugian Q1 2011 USD
182 juta).
Secara volume, CSAV
menghadapi pukulan berat karena muatannya drop hingga 43 % atau selama 3 bulan
pertama hanya mampu meng-handle 499.800 TEUs. Padahal, rata-rata freight rates
selama Jan-Mar membaik sekitar 5,3 % menjadi USD 1.684.
So, apa faktor-faktor
penyebabnya ? Akankah kemerosotan prestasi CSAV berlanjut hingga akhir tahun
2012 atau segera pulih agar bisa berkompetisi kembali di arena pelayaran global
?
Just keep on watching ...
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar