Isu merger di industri
maritim satu persatu maujud. Kalau pun belum maujud, itu sih cuma perkara waktu
aja xi xi xi. Sudah dengan rencana besar 2 (dua) juragan yang menjadi pemilik
kapal terbesar di Jerman ?
Ehh mereka berencana mau
bergabung alias merger. Bila pun menjadi kenyataan maka gabungan antara Erck Rickmers
dan Komrowski Group kan menjadi kekuatan baru armada Jerman di jagat pelayaran
dunia.
Kabarnya, mereka bakal
mendirikan perusahaan induk yang bernama Blue Star Holdings guna mengakomodir
unit usaha ER Schiffahrt (milik Rickmers) dan Komrowski Befrachtungskontor (milik
Komrowski) dan mengibarkan bendera Blue Star Shipping (BSS).
Kalau kedua raksasa ini
dilebur maka akan didapati jumlah 162 unit kapal, 120 unit diantaranya kapal
kontainer yang disewa berbagai operator global. Konsolidasi owner kapal ini
akan mampu mengontrol 35 % armada kapal kontainer sedunia, aje gile !
Itu menurut catatan media
yang berbasis di Newark, Journal of Commerce (JoC). Apakah dorongan kuat untuk
merger ini akibat dampak melorotnya harga sewa maupun tren pelayaran yang megap-megap
? Margin tipis banget Bro’.
Padahal, bila mereka jadi
merealisasikan BSS maka target kedepannya harus punya 200-250 kapal. Berarti
akan ada investasi lagi. Ernst Peter Komrowski menambahkan, aliansi ini
merupakan bentuk perwujudan tradisi lama Hanseatic [Hamburg] koq, Jadi ngga
perlu dipolitisir.
Hari gini mau jalan sendiri
? Kalau bisa sih OK, tapi kalau kira-kira harus bermitra, kenapa tidak ? Gitu
aja koq repot. Ngga perlu gengsi lagi ‘lah. Bagaimana harus tetap eksis, itu
yang terpenting.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar