Sepertinya, posisi Maersk
sebagai pelayaran terbesar di dunia terus didekati oleh rival sejati sesama
mitra aliansi 2M yaitu Mediterranean Shipping Co. (MSC) yang
disebut pelayaran blasteran Italia-Swiss.
Targetnya, dalam kurun waktu 2 (dua) tahun kedepan, MSC bisa melampaui Maersk sebagai The World Biggest Box Carrier. Emangnya punya persiapan apa buat
menyalip Maersk yang terkenal doyan mengakuisisi pelayaran besar dunia.
Ternyata MSC punya tabungan gede, yakni order kapal
kontainer gede (ka-ge) ato ULVC 5 x
23.000 TEUs dari galangan kapal
Korea Selatan, Daewoo Shipyard & Marine Engineering (DSME).
Menurut rumah riset Alphaliner, nantinya MSC bakal punya 16 ka-ge ato setara 305.352 TEUs. Bagi Maersk sendiri
sepertinya belum ada rencana akuisisi dalam waktu dekat sehingga bisa
diprediksi jarak antara keduanya semakin dekat.
CEO
Maersk, Soren Skou mengkonfirmasi bahwa Maersk akan konsisten
di kapasitas 4,2 juta TEUs yang
digelar diseluruh dunia dan kedepannya akan mendorong optimalisasi ketimbang berlomba menambah kapal.
Sebelumnya, Maersk dikenal dengan kontroversi membangun
kapal terbesar semisal Emma Maersk
15.000 TEUs kemudian yang terakhir yakni Maersk McKinney Moller (tahun 2013). Bahkan ada juga ide membuat
kapal 45.000 TEUs tapi hingga saat
ini belum ada kabar lebih lanjut.
Kapal terbesar di dunia saat sudah dipegang oleh MSC
yakni dengan beroperasinya MSC Gulsun,
kapasitas 23.765 TEUs. Terus kenapa Maersk gak segarang dulu ? Ada masanya
mas Bro, jadi simak aja perkembangannya ya.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar